kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendiri Wikipedia bikin medsos bebas iklan pesaing facebook


Selasa, 19 November 2019 / 15:20 WIB
Pendiri Wikipedia bikin medsos bebas iklan pesaing facebook
Pendiri Wikipedia Jimmy Wales


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales mengumumkan jejaring sosial baru bernama WT:Social. Jejaring sosial ini digadang-gadang akan menyaingi Facebook.

Tapi jika dilihat dari model bisnisnya justru bertolak belakang. Alih-alih mengandalkan iklan sebagaimana Facebook dan anak-anak perusahaannya, WT:Social mengandalkan uluran tangan pengguna sebagai sumber pendanaan.

Baca Juga: Icip-icip mengikuti RUPS Berkshire Hathaway dipimpin Warren Buffett, yuk!

Cita-cita yang dibawa di awal pendirian cukup mulia yakni mendisrupsi dan mengubah dunia jejaring sosial dengan melakukan apa yang benar dilakukan ketimbangkan melakukan demi tujuan bisnis semata.

Jejaring Sosial ini juga punya misi berbeda dengan kebanyakan platform. Facebook, Twitter, atau Instagram dikeluhkan banyak menyebarkan berita palsu atau clickbait demi meraup klik pengguna.

Namun, WT:Social ingin melakukan hal berbeda dengan menghadirkan berita yang baik dan bukan berita misleading. Sejatinya, WT:Social merupakan pembaruan versi dari situs WikiTribun Wikipedia yang diluncurkan tahun 2017 lalu.

Jejaring Sosial ini juga sesumbar akan melindungi data pribadi penggunanya, sebagaimana KompasTekno himpun dari Digit.In, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga: Ini dia tujuh makam yang instagramable

"Kami tidak akan menjual data Anda. Platform kami bertahan atas kemurahan hari pendonor untuk memastikan privasi terlindungi dan ruang sosial Anda bebas iklan," begitu klaim yang tertera di situs resmi WT:Social.

Paltform ini pun memberlakukan daftar tunggu bagi pengguna yang ingin bergabung. Jika tidak ingin menunnggu, mereka harus membayar 12 dollar AS (Rp 169.116) per bulan atau 100 dollar AS (Rp 1,4 juta) per tahun. Melalui akun Twitternya, Jimmy Wales mengklaim bahwa pengguna WT:Social telah tembus 100.000 pengguna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pendiri Wikipedia Bikin Medsos Bebas Iklan Pesaing Facebook

Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×