kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45749,52   23,69   3.26%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Penelitian terbaru, masa inkubasi virus corona hanya sekitar 5 hari


Selasa, 10 Maret 2020 / 10:25 WIB
Penelitian terbaru, masa inkubasi virus corona hanya sekitar 5 hari
ILUSTRASI. Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak.

Sumber: CNN | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Sebuah penelitian terbaru menyebut, orang yang terinfeksi virus corona cenderung menunjukkan gejala atau masa inkubasi sekitar lima hari setelah terpapar virus, dan gejala ini terjadi dalam waktu dua minggu.

IniĀ  menurut sebuah penelitian yang dirilis Senin (9/3) di jurnal Annals of Internal Medicine yang dikutip CNN.

Baca Juga: Wah, Donald Trump habiskan akhir pekan dengan anggota Kongres yang didiagnosa corona

Masa inkubasi itu konsisten dengan perkiraan sebelumnya dari pejabat kesehatan dan temuan yang menunjukkan bahwa masa 14 hari karantina sesuai untuk orang yang berpotensi terkena virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) telah menggunakan standar itu selama pandemi corona saat ini. Misal dengan merekomendasikan orang melakukan karantina sendiri selama dua minggu setelah bepergian ke negara-negara dengan penularan virus corona yang luas, seperti Italia atau Korea Selatan.

Untuk memperkirakan masa inkubasi, para peneliti memeriksa lebih dari 180 laporan virus corona di tempat-tempat tanpa penyebaran virus yang luas, di mana infeksi kemungkinan disebabkan oleh perjalanan dari luar.

Karena penelitian ini dilakukan pada awal epidemi corona, penularan komunitas pada waktu itu terbatas di Wuhan, China.

Itu memungkinkan para peneliti untuk memperkirakan "waktu pemaparan" virus corona dengan menentukan kapan seseorang berada di Wuhan.

Dengan membandingkan perjalanan ke Wuhan dengan munculnya gejala, para peneliti kemudian dapat memperkirakan periode inkubasi untuk virus: biasanya sekitar lima hari, dan jarang lebih dari 12 hari.

Mungkin saja, kata para peneliti, bahwa studi mereka mungkin berfokus pada kasus-kasus yang lebih parah dari virus - yang lebih mungkin untuk membuat berita dan menarik perhatian para pejabat kesehatan masyarakat. Maka inkubasi untuk kasus-kasus ringan mungkin agak berbeda.

Baca Juga: Kasus virus corona membludak, Italia akhirnya mengunci seluruh wilayah



TERBARU

[X]
×