kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat: Jika benar terjadi sesuatu dengan Kim Jong Un, ada kekacauan besar di Korut


Rabu, 22 April 2020 / 07:31 WIB
Pengamat: Jika benar terjadi sesuatu dengan Kim Jong Un, ada kekacauan besar di Korut
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. REUTERS/Heo Ran


Sumber: South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Dalam rentang beberapa jam pada hari Selasa, rumor mengenai pemimpin Korea Utara Kim Jong-un banyak beredar. Ada yang melaporkan bahwa Kim berada dalam "bahaya besar" setelah menjalani operasi jantung, kemudian mati otak, lalu tidak sakit parah sama sekali.

Hingga kini, kondisi aktual Kim tetap tidak jelas di tengah kesibukan laporan bersumber anonim yang menawarkan klaim yang bertentangan tentang kesehatannya.

Ada sejumlah narasi yang muncul terkait isu ini. Pertama, menurut pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, Kim sakit parah, mungkin dalam keadaan koma atau bahkan mati. Kedua, menurut pejabat pemerintah Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya, Kim tidak sakit parah. Ketiga, menurut laporan berita Korea Selatan yang bersumber secara anonim, Kim telah menjalani operasi jantung tetapi tidak ada saran dia dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Kim Jong Un tengah dirawat di sebuah vila, sakit apa?

Satu-satunya hal yang jelas adalah buramnya informasi abadi dari Korea Utara. "Terlalu sering cerita didasarkan pada sumber anonim tunggal dan dalam tekanan untuk merebut kompetisi - atau tidak ketinggalan - desas-desus dilaporkan sebelum penyelidikan lebih lanjut dapat dilakukan untuk memeriksa kebenaran klaim," kata Jenny Town, wakil direktur 38 North, sebuah program dari Stimson Center yang berbasis di Washington didedikasikan untuk menganalisis Korea Utara seperti yang dilansir South China Morning Post. 

Dia menambahkan, "Untuk sistem yang tersegmentasi dan ceroboh sebagai infrastruktur politik Korea Utara, ada banyak alasan untuk mempertanyakan sumber yang tidak disebutkan namanya, dari dalam pemerintah Korea Utara, juga sumber yang tidak diketahui namanya di negara lain juga."

Baca Juga: Pejabat Korea Utara: Sebenarnya ada kasus corona di sini, tapi...

Korea Utara, yang telah diperintah dengan tangan besi oleh keluarga Kim selama hampir delapan dekade, tidak memiliki media independen dan secara ketat mendampingi wartawan asing pada kesempatan langka mereka diizinkan masuk ke negara itu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×