Sumber: Reuters | Editor: Markus Sumartomjon
SHANGHAI. China masih tetap menjadi pasar potensial bagi perusahaan global. Salah satunya adalah Pepsi Co Inc. Perusahaan minuman dan makanan asal Amerika Serikat ini sedang merencanakan serangkaian langkah ekspansi bisnis senilai US$ 2,5 miliar hingga tiga tahun ke depan di negeri panda tersebut.
Pesaing terberat Coca Cola ini bakal mendirikan 10 hingga 12 pabrik baru. Pabrik-pabrik ini nantinya bakal memproduksi minuman ringan bersoda, minuman tanpa karbonasi, dan makanan ringan. Untuk itu Pepsi sudah memilih daerah Fujian, Gansu, Henan, dan Yunnan sebagai basis pabrik mereka. Sekedar catatan, saat ini Pepsi Co sudah mempunyai 27 pabrik minuman dan makanan ringan di China. Serta punya lima perkebunan di sana.
Selain mendirikan pabrik, Pepsi Cola juga akan meningkatkan fasilitas pabrik yang sudah ada. Kemudian mengembangkan divisi risetnya. Serta melakukan ekspansi di bidang agribisnis. Termasuk di dalamnya lebih giat melakukan promosi. “Langkah yang kami lakukan untuk lebih mengoptimalkan kebutuhan dan jangkauan pasar kami di China yang kami anggap punya potensi pasar besar,” kata Chief Executive Officer Pepsi Co Inc, Indra Nooyi.