kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbedaan taktik tentukan tingkat kematian pasien corona di Italia dan Korsel


Jumat, 13 Maret 2020 / 05:54 WIB
Perbedaan taktik tentukan tingkat kematian pasien corona di Italia dan Korsel
ILUSTRASI. Suasana sepi kota Milan, Italia. REUTERS/Flavio Lo Scalzo


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MILAN/SEOUL. Wabah virus corona menggila di sejumlah negara. Di Italia, misalnya, jutaan orang dikunci. Yang miris, lebih dari 1.000 orang meninggal akibat virus korona. Di Korea Selatan, hanya beberapa ribu yang dikarantina dan 67 orang di antaranya telah meninggal dunia. Ketika virus menyebar ke seluruh dunia, kisah penyebaran wabah di kedua negara ini menggambarkan masalah yang akan datang untuk negara-negara yang sekarang bergulat dengan ledakan dalam beberapa kasus.

Tidak praktis untuk menguji setiap pasien potensial. Kecuali jika pihak berwenang dapat menemukan cara untuk melihat seberapa luas infeksi itu, jawaban terbaik mereka adalah kuncian.

Melansir Reuters, Italia mulai menguji secara luas, lalu mempersempit fokusnya sehingga sekarang pihak berwenang tidak perlu memproses ratusan ribu tes. Tetapi ada kompromi: Mereka tidak bisa melihat apa yang akan datang dan berusaha untuk mengekang pergerakan seluruh populasi negara berpenduduk 60 juta orang untuk mengatasi penyakit ini.

Baca Juga: Dua pemain sepakbola Italia positif terkena virus corona

Bahkan Paus Francis, yang pilek dan menyampaikan berkat hari Minggu-nya melalui internet dari dalam Vatikan, mengatakan dia merasa "dikurung di perpustakaan."

Ribuan mil jauhnya di Korea Selatan, pihak berwenang memiliki respons berbeda terhadap wabah serupa. Mereka menguji ratusan ribu orang untuk infeksi dan melacak pembawa potensial seperti detektif, menggunakan ponsel dan teknologi satelit.

Kedua negara melihat kasus pertama penyakit mereka yang disebut COVID-19 pada akhir Januari. Korea Selatan sejak itu melaporkan 67 kematian dari hampir 8.000 kasus yang dikonfirmasi, setelah menguji lebih dari 222.000 orang. Sebaliknya, Italia telah memiliki 1.016 kematian dan mengidentifikasi lebih dari 15.000 kasus setelah melakukan lebih dari 73.000 tes pada jumlah orang yang tidak ditentukan.

Baca Juga: Filipina mengumumkan penguncian Manila untuk memerangi virus corona

Ahli epidemiologi mengatakan tidak mungkin untuk membandingkan angka secara langsung. Tetapi beberapa mengatakan, hasil yang berbeda secara dramatis menunjukkan wawasan yang penting: Pengujian yang agresif dan berkelanjutan adalah alat yang ampuh untuk melawan virus.

Jeremy Konyndyk, seorang rekan kebijakan senior di Center for Global Development di Washington, mengatakan pengujian ekstensif dapat memberi negara-negara gambaran yang lebih baik tentang tingkat wabah. Ketika pengujian di suatu negara terbatas, katanya, pihak berwenang harus mengambil tindakan berani untuk membatasi pergerakan orang.

"Saya tidak nyaman dengan pembatasan gerakan tipe lockdown yang dipaksakan," katanya. “China melakukan itu, tetapi China mampu melakukan itu. China memiliki populasi yang akan mematuhi itu. "




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×