kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.940.000   35.000   1,84%
  • USD/IDR 16.295   40,00   0,25%
  • IDX 7.045   -20,25   -0,29%
  • KOMPAS100 1.022   -2,15   -0,21%
  • LQ45 795   -1,03   -0,13%
  • ISSI 224   -0,62   -0,28%
  • IDX30 416   -0,26   -0,06%
  • IDXHIDIV20 491   -2,15   -0,44%
  • IDX80 115   -0,14   -0,12%
  • IDXV30 118   -0,37   -0,31%
  • IDXQ30 136   -0,37   -0,27%

Perbesar pasar, Bridgestone ekspansi pabrik di AS


Jumat, 08 Januari 2016 / 06:05 WIB
Perbesar pasar, Bridgestone ekspansi pabrik di AS


Reporter: Fitri Nur Arifenie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TOKYO. Gagal meminang Pep Boys tidak menyurutkan niat Bridgestone memperluas bisnisnya di Amerika Serikat (AS). Produsen ban dunia asal Jepang ini menghabiskan miliaran yen untuk membiayai ekspansi pabrik.

Mengutip Nikkei, Bridgestone akan membelanjakan modal senilai ¥ 20 miliar untuk menaikkan kapasitas produksi pabrik North Carolina, AS sebesar 10%.

Fasilitas produksi ini diharapkan bisa memproduksi 35.000 unit ban di tahun 2018. Mesin produksi baru akan dipasang di areal seluas 15.500 meter persegi.

Dengan teknologi baru, Bridgestone bisa menekan biaya operasional namun menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Jika dihitung dengan seluruh kapasitas Bridgestone di Amerika Utara, tambahan produksi ini memang berkontribusi kecil. Volume produksi di pabrik AS dan Kanada mencapai 83.000 unit ban per hari.

Artinya, kenaikan kapasitas di North Carolina ini hanya menyumbang 3% dari total kapasitas. Meski demikian, ini menjadi tonggak penting bagi Bridgestone di pasar Negeri Paman Sam. Sebab, ban hasil produksi pabrik North Carolina lebih bagus kualitasnya ketimbang ban standar.

Bridgestone mengklaim, bank produksi mereka di AS itu andal. Mobil masih bisa dipacu hingga kecepatan 80 kilometer (km) per jam sepanjang 80 km meski kondisi ban kempes atau bocor.

Sejak diluncurkan tahun 2014, respon dari konsumen AS cukup bagus. Namun, produksi ban ini masih terbatas di Jepang.

Ban yang diberi nama DriveGuard ini diharapkan bisa menjadi alat baru bagi Bridgestone untuk berkompetisi dengan pesaingnya seperti Michelin dan Good Year Tire and Rubber Bridgestone mencari pertumbuhan di pasar AS karena potensinya besar.

Perekonomian AS yang membaik mulai mengangkat bisnis otomotif. Penjualan mobil di negara Paman Sam mulai pulih. Di sisi lain, sumbangan penjualan AS cukup besar dibandingkan kawasan regional lain.

Tahun 2014 lalu, penjualan ban Bridgestone di AS mencapai ¥ 1,37 triliun atau 77,84% dari total pendapatan di kawasan Amerika Utara. Sementara, total penjualan global Bridgestone mencapai ¥ 3,7 triliun. Artinya, AS menyumbang pendapatan lebih dari 35% terhadap seluruh penjualan.




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×