kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,41   -13,08   -1.42%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pernyataan Lengkap Ketua The Fed Soal Kenaikan Bunga 75 Basis Poin Jadi 1,5%-1,75%


Kamis, 16 Juni 2022 / 05:55 WIB
Pernyataan Lengkap Ketua The Fed Soal Kenaikan Bunga 75 Basis Poin Jadi 1,5%-1,75%
ILUSTRASI. The Fed mengerek suku bunga sebesar 75 basis poin pada Rabu (15/6). Kenaikan terbesar dalam lebih dari seperempat abad.


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Seperti dugaan, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed) menaikkan lagi suku bunganya. Tak kepalang tanggung, The Fed mengerek suku bunga sebesar 75 basis poin pada Rabu (15/6).

Kenaikan suku bunga 75 basis poin ini merupakan kenaikan bunga terbesar yang pernah dilakukan The Fed dalam lebih dari seperempat abad.

Kini suku bunga The Fed berada di level 1,5%-1,75%. Kenaikan bunga The Fed ini untuk membendung laju inflasi AS yang melejit tinggi.

Ketua Fed Jerome Powell pada konferensi pers setelah akhir pertemuan kebijakan The Fed mengatakan, The Fed tidak berusaha membuat resesi ekonomi AS

"Tujuan kami sebenarnya adalah untuk menurunkan inflasi menjadi 2% sementara pasar tenaga kerja tetap kuat," kata Powell.

Baca Juga: Perangi Inflasi, Bunga The Fed Naik 75 Basis Poin Jadi 1,5%-1,75%

Nah, berikut pernyataan lengkap Ketua The Fed Jerome Powell soal kenaikan suku bunga tersebut yang dikutip dari laman The Federal Reserve.

Kegiatan ekonomi secara keseluruhan tampaknya telah meningkat setelah turun pada kuartal pertama. Keuntungan pekerjaan telah kuat dalam beberapa bulan terakhir, dan tingkat pengangguran tetap rendah.

Inflasi tetap tinggi, mencerminkan ketidakseimbangan penawaran dan permintaan terkait pandemi, harga energi yang lebih tinggi, dan tekanan harga yang lebih luas.

Invasi Ukraina oleh Rusia menyebabkan kesulitan manusia dan ekonomi yang luar biasa. Invasi dan peristiwa terkait menciptakan tekanan tambahan pada inflasi dan membebani aktivitas ekonomi global.

Selain itu, penguncian terkait COVID di China kemungkinan akan memperburuk gangguan rantai pasokan. Komite (FOMC) sangat memperhatikan risiko inflasi.

Komite berusaha untuk mencapai lapangan kerja maksimum dan inflasi pada tingkat 2% dalam jangka panjang.

Untuk mendukung tujuan ini, Komite memutuskan untuk menaikkan kisaran target suku bunga dana federal menjadi 1,5% hingga 1,75% dan mengantisipasi bahwa kenaikan berkelanjutan dalam kisaran target akan sesuai.

Selain itu, Komite akan terus mengurangi kepemilikannya atas sekuritas Treasury dan utang agensi dan sekuritas yang didukung hipotek agensi, seperti yang dijelaskan dalam Rencana Pengurangan Ukuran Neraca Federal Reserve yang diterbitkan pada bulan Mei.

Komite berkomitmen kuat untuk mengembalikan inflasi ke sasaran 2%.

Dalam menilai sikap kebijakan moneter yang tepat, Komite akan terus memantau implikasi informasi yang masuk terhadap prospek ekonomi. Komite akan siap untuk menyesuaikan sikap kebijakan moneter yang sesuai jika muncul risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan Komite.

Penilaian Komite akan mempertimbangkan berbagai informasi, termasuk informasi tentang kesehatan masyarakat, kondisi pasar tenaga kerja, tekanan inflasi dan ekspektasi inflasi, serta perkembangan keuangan dan internasional.

Voting untuk tindakan kebijakan moneter adalah Jerome H. Powell, Ketua; John C. Williams, Wakil Ketua; Michelle W. Bowman; Lael Brainard; James Bullard; Lisa D. Masak; Patrick Harker; Philip N. Jefferson; Loretta J. Mester; dan Christopher J. Waller.

Pemungutan suara menentang kebijakan ini adalah Esther L. George, yang memilih pada pertemuan ini untuk menaikkan kisaran target suku bunga dana federal sebesar 0,5 poin persentase menjadi 1,25%-1,5%. Patrick Harker memilih sebagai anggota alternatif pada pertemuan ini.

Baca Juga: Bunga The Fed Naik, Imbal Hasil SUN Tenor 10 Tahun Bisa Melesat Jadi 8%




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×