kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertama Kalinya, Ukraina Berhasil Serang Pesawat Siluman Su-57 Rusia


Minggu, 09 Juni 2024 / 21:10 WIB
Pertama Kalinya, Ukraina Berhasil Serang Pesawat Siluman Su-57 Rusia
ILUSTRASI. Jet tempur Rusia,?Sukhoi Su-57. Pertama Kalinya, Ukraina Berhasil Serang Pesawat Siluman Su-57 Rusia


Sumber: The Moscow Times,The Moscow Times | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  KYIV. Ukraina pada Minggu mengatakan pihaknya telah menyerang jet tempur Su-57 yang diparkir di sebuah lapangan terbang di Rusia selatan, serangan pertama terhadap pesawat siluman generasi terbaru Moskow.

Su-57 andalan mulai beroperasi dengan pasukan luar angkasa Rusia pada Desember 2020 dan dirancang untuk menggantikan pesawat tempur tua rancangan Soviet seperti Su-27 dan MiG-29.

“Pada tanggal 8 Juni 2024, sebuah jet tempur multiguna Su-57 milik negara agresor diserang di lapangan terbang Akhtubinsk di wilayah Astrakhan Rusia, 589 kilometer dari garis kontak,” kata intelijen militer GUR Ukraina seperti dikutip dari The Moskow Times, Minggu (9/6).

Baca Juga: Rudal Hipersonik AS Dapat Jangkau Moskow dalam Setengah Jam

“Kekalahan Su-57 adalah kasus pertama dalam sejarah,” tambah GUR.

Mereka juga menerbitkan citra satelit sebelum dan sesudah yang menunjukkan kerusakan akibat kebakaran dan puing-puing di sekitar jet Su-57 yang diparkir di lapangan terbang.

Badan tersebut tidak mengatakan bagaimana mereka melakukan serangan tersebut dan tidak mengaku bertanggung jawab secara langsung.

Namun sumber intelijen Ukraina mengatakan kepada AFP bahwa GUR bertanggung jawab dan mereka menggunakan drone tempur buatan Ukraina dalam serangan tersebut.

Baca Juga: Moskow Salahkan AS Atas Kematian Perempuan dan Anak-Anak Rusia

Ukraina sering menargetkan fasilitas militer dan energi di wilayah Rusia dengan drone, terkadang ratusan kilometer dari garis depan.

Pertahanan udara Rusia menembak jatuh tiga drone di wilayah Astrakhan pada hari Sabtu, menurut Kementerian Pertahanan Moskow.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×