kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Chip Socionext Mencatat Debut IPO Terbesar di Jepang Tahun Ini


Rabu, 12 Oktober 2022 / 10:57 WIB
Perusahaan Chip Socionext Mencatat Debut IPO Terbesar di Jepang Tahun Ini
ILUSTRASI. Socionext mengumpulkan dana hingga 66,8 miliar yen atau setara US$ 459 juta karena minat investor yang tinggi.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Perusahaan desain chip Socionext Inc memperpanjang kenaikan hingga lebih dari 11% dalam debutnya di Tokyo setelah menyelesaikan penawaran umum perdana terbesar di Jepang tahun ini.

Kenaikan tersebut pun menangkis pesimisme yang datang dari para investor baru-baru ini terhadap saham semikonduktor global. Kesepakatan ini juga berhasil menarik pembelim bahkan di pasar yang lemah untuk IPO di Jepang. Pendapatan emiten yang tercatat di bursa merosot 80% tahun ini pada perbandingan tahunan. 

Mengutip Bloomberg, Rabu (12/10), saham perusahaan yang berbasis di Yokohama ini naik ke level 4.080 yen. Saham Socionext dijual dengan harga masing-masing 3.650 yen, kisaran teratas yang dipasarkan dalam IPO. Socionext mengumpulkan dana hingga 66,8 miliar yen atau setara US$ 459 juta karena minat investor yang tinggi.

Baca Juga: Ketika Calon Emiten Berharap Saham IPO Terkerek Window Dressing

Debut Socionext terjadi di tengah penurunan saham terkait chip. Penurunan menghapus lebih dari US$ 240 miliar nilai pasar global sektor ini setelah AS memberlakukan pembatasan pada akses China ke teknologi semikonduktor.

Sebagai informasi, Socionext mendesain, mengembangkan, dan menghadirkan sistem pada chip (SoC) dengan klien di sektor-sektor termasuk bidang konsumen, otomotif, dan industri, menurut situs webnya.

Socionext adalah perusahaan semikonduktor keempat yang go public di Jepang selama dua tahun terakhir. IPO Socionext menjadi yang terbesar di antara sembilan daftar semikonduktor Jepang dalam dekade terakhir, menurut data Bloomberg

Baca Juga: BEI akan Luncurkan Papan New Economy di Tahun 2022, Tunggu Restu OJK

Perusahaan yang memulai debutnya di Tokyo selama dua tahun terakhir setelah mengumpulkan lebih dari US$ 100 juta, naik rata-rata 28% pada hari pertama, menurut data Bloomberg.

“Permintaan IPO Socionext tampaknya kuat dengan dana jangka panjang yang mengambil kesepakatan," kata Clarence Chu, seorang analis di Aequitas Research.

Menurut Chu, perusahaan ini adalah salah satu pemain chip global yang mencoba untuk berkembang dalam industri otomotif yang tumbuh cepat. Penjualan ke segmen tersebut yang meningkat dan sahamnya dihargai dengan penilaian yang lebih menarik daripada rekan-rekan yang terdaftar di Jepang, AS, dan Taiwan.

SMBC Nikko Securities Inc, Nomura Securities Co Ltd, Daiwa Securities Co Ltd, Mizuho Securities Co Ltd, Rakuten Securities dan Monex adalah peserta penjamin emisi utama dalam penawaran Socionext.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×