Planet Merkurius Terlihat Sore Hari Usai Matahari Terbenam, Berdekatan dengan Bulan

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:16 WIB   Penulis: Arif Budianto
Planet Merkurius Terlihat Sore Hari Usai Matahari Terbenam, Berdekatan dengan Bulan

ILUSTRASI. Planet Merkurius Terlihat Sore Hari Usai Matahari Terbenam, Berdekatan dengan Bulan.


KONTAN.CO.ID - Senin, 29 Agustus 2022, akan menjadi hari yang cukup menarik bila Anda ingin melihat fenomena astronomi di atas langit. Kali ini, giliran planet Merkurius yang bakal terlihat usai Matahari terbenam yang juga berdekatan dengan Bulan.

Fenomena astronomi yang dapat dilihat dengan mata telanjang cukup beragam. Bukan hanya penampakan Bulan dan bintang saat malam hari atau Matahari pada siang hari.

Sore nanti (29/8/2022), tepatnya usai Matahari terbenam, Anda berkesempatan untuk melihat Merkurius yang berdekatan dengan Bulan.

DIkutip dari Earthsky, Merkiruis dapat disaksikan di atas langit pada sore hari usai Matahari terbenam. Menariknya, planet ini juga tidak sulit untuk ditemukan pada sore hari.

Bila Anda menemukan Bulan di atas langit, perhatikan di dekatnya apakah ada sesuatu yang bersinar?

Baca Juga: NASA Siap Meluncurkan Era Baru Penjelajahan Bulan

Planet Merkurius (sebelah kiri) dan Bumi (sebelah kanan)

Menurut Earthsky, dari belahan Bumi utara, geometrinya buruk. Merkurius nampak di sebelah kiri Matahari terbenam tetapi dekat dengan cakrawala, ini akan memberi Anda waktu kurang dari satu jaum untuk melihat planet tersebut sebelum turun di bawah cakrawala.

Namun, pada sore nanti, Bulan Sabit yang terlihat akan memandu Anda untuk menemukan planet tersebut. Perhatikan lagi, bagian bulan sabit yang bersinar terang ini menunjuk ke arah Merkurius.

Bila Anda kesulitan untuk melihat penampakan planet Merkurius ini, gunakan teropong untuk memindai di dekat cakrawala segera setelah langit mulai gelap dan Matahari mulai menghilang.

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Sampah Luar Angkasa, Berikut Penjelasan dan Contohnya

Penampakan Merkurius ini tampak berkelap-kelip karena atmosfer tebal.

Tidak hanya itu, bintang terang yang pertama kali muncul di arah barat saat langit mulai gelap adalah Spica yang berada di arah selatan. Dan ada pula Arctturus adalah bintang paling terang di bagian utara langit.

Di sisi lain, pemandangan di belahan Bumi selatan penampakan Merkurius dan Bulan akan lebih mudah dikenali.

Kedua benda langit tersebut berdiri di atas Matahari, posisinya yang tegak lurus dengan cakrawala ini memberi Anda waktu sekitar dua jam untuk melihat Merkurius sebelum terbenam.

Bintang yang bernama Spica juga terlihat di atas Merkurius dan Bulan, dengan Arcturus berada di sebelah kanan. Nah, sebelum sore hari berakhir, apakah Anda tertarik untuk melihat fenomena astronomi hari ini?

Editor: Arif Budianto

Terbaru