kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNC dan JPMorgan Ajukan Penawaran Terakhir First Republic Bank di Lelang FDIC


Senin, 01 Mei 2023 / 05:27 WIB
PNC dan JPMorgan Ajukan Penawaran Terakhir First Republic Bank di Lelang FDIC
ILUSTRASI. PNC Financial Service Group dan JPMorgan Chase & Co mengajukan penawaran terakhir dalam lelang First Republic Bank. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. PNC Financial Service Group dan JPMorgan Chase & Co masuk dalam daftar bank yang mengajukan penawaran terakhir pada Minggu (30/4) siang dalam lelang First Republic Bank yang digelar oleh regulator Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan informasi dari sumber Reuters yang mengetahui masalah tersebut, Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) akan mengumumkan kesepakatan pada Minggu (30/4) malam, sebelum pasar Asia dibuka.

Regulator AS telah mencoba untuk menjual First Republic Bank selama akhir pekan. Menurut sumber Reuters, ada sekitar enam bank yang mengajukan penawaran terhadap First Republic Bank.

Baca Juga: Regulator AS Melelang First Republic Bank, Kesepakatan Diumumkan Minggu (30/4) Malam

Citizens Financial Group Inc adalah penawar lain yang bersaing untuk menawar First Republic Bank, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut pada hari Sabtu.

FDIC tidak segera tersedia untuk komentar. Guggenheim yang menjadi penasihat FIDC, FRC dan bank menolak berkomentar.

Kesepakatan untuk First Republic akan terjadi kurang dari dua bulan setelah Silicon Valley Bank dan Signature Bank gagal di tengah pelarian simpanan dari pemberi pinjaman AS, memaksa Federal Reserve untuk mengambil tindakan darurat guna menstabilkan pasar.

Sementara pasar telah tenang, kesepakatan untuk First Republic akan diawasi dengan ketat untuk jumlah dukungan yang perlu diberikan pemerintah.

FDIC secara resmi mengasuransikan simpanan hingga US$ 250.000. Tetapi karena khawatir akan bank run lebih lanjut, regulator mengambil langkah luar biasa dengan mengasuransikan semua simpanan di Silicon Valley Bank dan Signature.

Masih harus dilihat apakah regulator juga harus melakukannya di First Republic. Mereka akan membutuhkan persetujuan dari menteri keuangan, presiden dan mayoritas dewan Federal Reserve dan FDIC.

Dalam upaya mencari pembeli sebelum menutup bank, FDIC beralih ke beberapa bank terbesar AS. Menurut salah satu sumber Reuters, bank-bank besar didorong untuk menawar aset FRC.

First Republic didirikan pada tahun 1985 oleh James "Jim" Herbert, putra seorang bankir komunitas di Ohio. Merrill Lynch mengakuisisi bank tersebut pada tahun 2007, tetapi terdaftar di pasar saham lagi pada tahun 2010 setelah dijual oleh pemilik baru Merrill, Bank of America Corp, setelah krisis keuangan tahun 2008.

Selama bertahun-tahun, First Republic memikat pelanggan berpenghasilan tinggi dengan tarif preferensial untuk hipotek dan pinjaman. Strategi ini membuatnya lebih rentan daripada pemberi pinjaman regional dengan pelanggan yang kurang mampu.

Bank ini memiliki tingkat simpanan yang tidak diasuransikan yang tinggi, sebesar 68% dari simpanan.

Baca Juga: US Regulators Vow to Sharpen Oversight as SVB, Signature Aftershocks Reverberate

Bank yang berbasis di San Francisco itu melihat lebih dari US$ 100 miliar simpanan kabur pada kuartal pertama, membuatnya berebut untuk mengumpulkan uang.

Meskipun mendapat suntikan US$ 30 miliar dari 11 bank Wall Street pada bulan Maret, upaya tersebut terbukti sia-sia, sebagian karena pembeli menolak keras prospek harus menyadari kerugian besar pada buku pinjamannya.

Sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa FDIC memutuskan posisi pemberi pinjaman telah memburuk dan tidak ada lagi waktu untuk melakukan penyelamatan melalui sektor swasta.

Pada hari Jumat, nilai pasar First Republic telah mencapai titik terendah US$ 557 juta, turun dari puncaknya sebesar US$ 40 miliar pada November 2021.

Saham beberapa bank regional lainnya juga turun pada hari Jumat, karena menjadi jelas bahwa First Republic menuju penerima FDIC. Saham PacWest Bancorp turun 2% setelah bel perdagangan dan saham Western Alliance turun 0,7%.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×