Presiden Brasil Lula Pecat Panglima Militer Buntut Kerusuhan Pendukung Bolsonaro

Minggu, 22 Januari 2023 | 06:28 WIB Sumber: Al Jazeera
Presiden Brasil Lula Pecat Panglima Militer Buntut Kerusuhan Pendukung Bolsonaro

ILUSTRASI. Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva. Presiden Brasil Lula Pecat Panglima Militer Buntut Kerusuhan Pendukung Bolsonaro.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva telah memecat panglima militer Jenderal Julio Cesar de Arruda pasca penyerbuan beberapa gedung pemerintah oleh pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro.

Lula tidak segera mengeluarkan pernyataan tentang penggantian tersebut, tetapi situs resmi angkatan bersenjata Brasil mengatakan Jenderal Julio Cesar de Arruda telah dicopot sebagai kepala tentara. Kantor berita AFP dan Reuters juga melaporkan penembakan itu, mengutip sumber-sumber militer.

Arruda digantikan oleh Jenderal Tomas Miguel Ribeiro Paiva, yang pernah menjadi Kepala Komando Militer Tenggara.

Baca Juga: Kepolisian Tangkap 400 Orang Akibat Kerusuhan yang Melanda Brasil

Langkah itu dilakukan beberapa minggu setelah pendukung Bolsonaro menyerbu Kongres Nasional, istana kepresidenan, dan Mahkamah Agung di Brasilia pada 8 Januari. 

Para perusuh telah meminta militer turun tangan untuk membalikkan kekalahan Bolsonaro dari Lula dalam pemilihan presiden.

Segera setelah kerusuhan, Lula mengatakan dia mencurigai adanya kolusi oleh orang-orang di angkatan bersenjata.

Baru-baru ini, pemimpin sayap kiri Brasil tersebut mengatakan bahwa pemerintahnya akan membersihkan loyalis Bolsonaro dari pasukan keamanan. Dia juga mencopot beberapa lusin tentara dari unit keamanannya setelah kerusuhan.

Baca Juga: Kalahkan Bolsonaro, Luiz Inacio Lula Kembali Jadi Presiden Brasil

Hingga saat ini, lebih dari 2.000 orang telah ditangkap sehubungan dengan kerusuhan tersebut. Seorang hakim Mahkamah Agung Brasil juga mengizinkan penambahan Bolsonaro ke dalam penyelidikannya tentang siapa yang menghasut kerusuhan.

Bolsonaro, seorang pensiunan perwira militer, mempertahankan hubungan dekat dengan angkatan bersenjata selama masa kepresidenannya.

Arruda telah menghadiri pertemuan dengan Lula pada Jumat, didampingi oleh Panglima Angkatan Laut, Marcos Sampaio Olsen, dan Panglima Angkatan Udara, Marcelo Kanitz Damasceno.

Baca Juga: Mengenang Pele, Sang Raja dan Legenda Sepak Bola Brasil

Menteri Pertahanan Jose Mucio Monteiro mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan bahwa angkatan bersenjata negara itu tidak terlibat langsung dalam kerusuhan itu tetapi menambahkan bahwa setiap personel militer yang terlibat harus bertanggungjawab sebagai warga negara.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru