kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyeksi Nomura: Inflasi Jepang Mereda Ekonomi Tumbuh Positif 2023


Kamis, 22 Desember 2022 / 18:04 WIB
Proyeksi Nomura: Inflasi Jepang Mereda Ekonomi Tumbuh Positif 2023
ILUSTRASI. People stroll under cherry blossoms at the Ueno park in Tokyo on Monday, March 22, 2021. Cherry trees started blooming at Tokyo area last week which heralds the coming of spring. (Photo by Yoshio Tsunoda/AFLO)


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proyeksi tekanan inflasi di Jepang pada tahun depan mulai mereda. Berdasarkan proyeksi lembaga keuangan Nomura, inflasi Jepang tahun depan akan susut di kisaran 3%.

Sebagai gambaran saat ini tingkat inflasi di Jepang per Oktober 2022 secara tahunan mencapai 3,7%. 

Kyohei Morita, Kepala Ekonom Nomura berbasis di Jepang pada publikasinya yang diunggah di laman nomuraconnects menyebut inflasi Jepang lebih lambat jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, dan Zona Euro.

Meskipun inflasi telah menjadi topik yang umum dibahas, skala dan ruang lingkupnya tidak sama di antara ekonomi di seluruh dunia, kata Morita, berbicara di Forum Investasi Nomura 2022 pada 29 November 2022. 

Baca Juga: Meski Nilainya Berkurang, Jepang Tetap Lanjutkan Program Subsidi BBM

Inflasi Jepang berdasarkan indeks harga konsumen, atau CPI, diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 3% untuk tahun 2022, sedangkan AS sekitar 8% - 9% dan Zona Euro sebesar 10%.

Dua komponen utama CPI, sebagaimana dianalisis oleh para ekonom Nomura, adalah sewa tempat tinggal dan harga jasa-jasa. Keduanya adalah faktor penyumbang utama terhadap inflasi di AS dan zona euro. 

Di sisi lain, Jepang melihat disinflasi pada harga layanan dan sewa rumah. Dengan demikian, Bank Sentral Jepang ingin mempertahankan kebijakan kontrol kurva imbal hasil hingga tahun 2023 sampai inflasi dipastikan menjadi fenomena makro yang didukung oleh kenaikan harga sewa rumah dan jasa.

Sementara untuk mencapai target inflasi yang stabil yakni sebesar 2%, maka upah perlu kebijakan upah sebesar 4% - 5% berdasarkan negosiasi upah musim semi yang kemungkinan besar tidak akan terjadi pada tahun 2023.

Baca Juga: Kecam Kebangkitan Militer Jepang, Korea Utara Menyatakan Siap Melawan  

Kenaikan upah di Jepang terbatas, dengan kenaikan kumulatif per kapita sebesar 3% dari tahun 2000 hingga sekarang. 

Sebaliknya, upah per kapita di Amerika Serikat dan Euro masing-masing meningkat sebesar 105% dan 62% pada periode yang sama, menurut data yang disajikan di Forum Investasi Nomura.

Penghematan rumah tangga, yang meningkat tiga kali lipat selama pandemi, juga akan meningkatkan belanja konsumen pada tahun 2023, menurut analisis data Nomura dari Kantor Kabinet Jepang.

Inflasi IHK inti diperkirakan akan memuncak di atas 3% pada kuartal keempat tahun 2023, didorong oleh harga makanan dan energi, menurut perkiraan Nomura. Kemudian akan melambat hingga mendekati 0% pada pertengahan 2024.

Ekonom Nomura juga memprediksi Perekonomian Jepang akan mendapat manfaat dari paket pariwisata dan ekonomi pada tahun 2023.

Baca Juga: Bursa Asia Beragam Jelang Keputusan Suku Bunga Bank of Japan

Karena itulah Nomura memperkirakan perekonomian Jepang kemungkinan akan terhindar dari resesi pada 2023, dibantu oleh paket wisata dan ekonomi. Morita memperkirakan pertumbuhan ekonomi Jepang tahun depan masih bisa mencapai 1,9%.

Ia menyebut lebih banyak wisatawan cenderung datang ke Jepang selama tahun ini karena kontrol perbatasan melonggar setelah lama ditutup karena Covid-19. 

Turis juga akan memanfaatkan pelemahan yen Jepang, mendorong belanja konsumen di negeri itu.

Sebelum pandemi, Jepang menerima sebanyak 35 juta wisatawan per tahun, terutama dari China, Hong Kong, dan Korea. 

Para wisatawan itu tidak ada selama pandemi ketika Jepang berusaha melindungi negaranya dari pengunjung. 

Saat Jepang melonggarkan kontrol perbatasan pada akhir 2022, jumlah turis yang masuk diperkirakan akan meningkat pesat, mendukung perekonomian Jepang bahkan ketika AS dan zona euro diperkirakan akan jatuh ke dalam resesi.

Perekonomian Jepang juga akan terbantu oleh paket ekonomi ketiga dari kabinet Perdana Menteri Fumio Kishida yang dirilis pada 28 Oktober 2022 meskipun dampaknya mungkin terbatas. 

Paket kebijakan ekonomi itu, diharapkan dapat meningkatkan produk domestik bruto secara riil sebesar 4,6% atau sekitar 25 triliun yen, kurang dari pengeluaran pemerintah nasional sebesar 35,6 triliun yen.

Proyeksi nilai tukar yen pada 2023

Pesimisme ekonomi global akan terus memberikan tekanan pada yen Jepang, tetapi tidak lama, kata Yujiro Goto, Kepala Strategi FX, Jepang, di Nomura. 

Ia memprediksi Inflasi akan mencapai puncaknya menjelang akhir tahun 2022, setelah itu Fed AS akan menghentikan kenaikan suku bunga pada awal tahun 2023 dan mulai memangkas suku bunga di akhir tahun, menurut perkiraan dari Nomura.

Dengan demikian, ada kemungkinan apresiasi yen Jepang yang cepat, terutama pada paruh pertama tahun 2023, kata Goto. 

Calon gubernur baru di Bank Jepang pada April 2023 juga memberikan ruang untuk penyesuaian kebijakan. Pemulihan neraca perjalanan dan perdagangan juga cenderung menopang yen.

Investor dapat mengandalkan ekuitas Jepang pada tahun 2023.

Baca Juga: Waspadai Pelemahan Ekonomi China, Jepang Pangkas Outlook Output Manufaktur

Saham di Asia dan Jepang relatif tangguh pada tahun 2022 karena tekanan inflasi relatif moderat di wilayah ini, kata Yunosuke Ikeda, kepala strategi ekuitas, Jepang, di Nomura. 

Hal ini berbeda dengan ekonomi Barat, yang dibuka setelah pandemi pada tahun 2021 dan mencatat kinerja yang kuat, namun kemudian menurun pada tahun 2022. 

Ada kemungkinan bahwa inflasi yang lebih ringan dan ruang yang lebih besar untuk pembukaan kembali relatif terhadap AS dan Eropa berkontribusi pada kinerja Jepang yang lebih baik.

Outperformance juga dapat dijelaskan melalui sektor tertentu. Di sektor pilihan konsumen, kenaikan harga di Barat menyebabkan perusahaan kesulitan, sedangkan inflasi yang lebih lambat di Jepang tidak mempengaruhi pengeluaran konsumen. 

Real estat juga merupakan sektor dengan kinerja yang berbeda antar wilayah, dengan pasar properti di AS dan Eropa yang memburuk sementara pelonggaran moneter di Jepang membantu harga real estat lokal untuk terus meningkat.

Dalam lingkungan ekonomi saat ini, rumah tangga Jepang masih tidak sensitif terhadap kenaikan harga, dengan konsumen tidak memprioritaskan harga yang lebih rendah saat melakukan pembelian. 

Hal ini karena tingkat tabungan di Jepang tetap sebesar 10% dari pendapatan yang dapat dibelanjakan sebagai akibat dari berkurangnya perjalanan dan makan di luar.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×