Ratu Elizabeth II Berpulang, Kekayaannya yang Hampir US$ 500 Juta untuk Siapa?

Jumat, 09 September 2022 | 15:21 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Ratu Elizabeth II Berpulang, Kekayaannya yang Hampir US$ 500 Juta untuk Siapa?

ILUSTRASI. Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis (8/9) waktu setempat di usia 96 tahun meninggalkan harta kekayaan yang fantastis. REUTERS/John Sibley


KONTAN.CO.ID - LONDON. Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis (8/9) waktu setempat di usia 96 tahun meninggalkan harta kekayaan yang fantastis. Tak main-main, nilai kekayaan bisa mencapai US$ 500 juta.

Mengutip New York Post Jumat (9/9), kekayaan pribadi Ratu Elizabet tersebut merupakan sebagian kecil dari total kekayaan kerajaan secara keseluruhan yang nilainya mencapai US$ 88 miliar.

Harta kekayaan tersebut sebagian besar karena investasinya, koleksi seni, perhiasan, dan kepemilikan real estat, yang meliputi Rumah Sandringham dan Kastil Balmoral. Sekarang setelah dia meninggal, sebagian besar aset pribadinya akan diwariskan kepada Pangeran Charles ketika dia naik takhta. 

Baca Juga: Raja Charles akan Berpidato untuk Pertama Kali Pasca Kematian Ratu Elizabeth

Tak hanya itu, kekayaan ratu juga didapat dari warisan ibunya sehingga mendapat sekitar US$ 85 juta. Di tambah, saat suaminya Pangeran Philip meninggal pada tahun lalu juga meninggalkan warisan senilai US$ 12 juta.

Pendapatannya juga berasal dari Crown Estate yang merupakan kumpulan tanah dan kepemilikan milik monarki Inggris. Hanya saja, ratu mendapat 15% dari keuntungan tanah dan bernilai hampir US$ 10 miliar. 

Dengan mendapat warisan tersebut, Pangeran Charles terbebas dari keharusan membayar pajak warisan karena ada klausul hukum khusus. Dimana, warisan dari penguasa ke penguasa dibebaskan dari pajak warisan 40%, seperti yang disepakati dengan mantan Perdana Menteri John Major pada tahun 1993 untuk menghindari pengikisan kekayaan keluarga kerajaan. 

Sementara itu, Pangeran Charles masih tidak akan secara langsung mewarisi kerajaan senilai US$ 28 miliar yang mencakup tanah Skotlandia, Perkebunan Mahkota, Kadipaten Lancaster, Kadipaten Cornwall, dan Istana Buckingham dan Kensington, dilansir dari Fortune(9/9). 

Dia hanya akan menerima aset pribadi yang secara khusus ditunjuk untuknya oleh Ratu Elizabeth II. 

Pangeran Charles juga disebut bakal mengocok ulang dalam hal siapa yang tinggal di istana mana. Yang pasti, dia jelas akan mendapatkan prioritas, Pangeran William dan putranya Pangeran George akan mendapatkan hadiah kedua.

Baca Juga: Ratu Elizabeth Wafat pada Usia 96 Tahun, Kematiannya Menandai Akhir dari Sebuah Era

Kemungkinan besar, Pangeran Charles bakal tetap tinggal di Istana Buckingham, meskipun ia juga diharapkan membuka lebih banyak ruang untuk publik. Pangeran William dan Kate Middleton kemungkinan akan pindah ke istana dongeng Windsor tempat sang ratu pindah secara permanen awal tahun ini.

Meskipun sebagian besar harta kekayaan ratu mengalir ke Pangeran Charles, bukan tidak mungkin kedua anaknya yang lain yaitu Putri Anne dan Pangeran Andrew mendapat bagian.

"Sudah banyak dilaporkan bahwa Andrew adalah putra kesayangan ratu, dan kemungkinan dia menyisihkan sebagian dari kekayaannya untuknya," kata komentator kerajaan Josh Rom. 

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru