kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Real Madrid masih klub sepakbola terkaya sejagat


Jumat, 23 Januari 2015 / 07:50 WIB
Real Madrid masih klub sepakbola terkaya sejagat
ILUSTRASI. Cara menurunkan berat badan.


Sumber: Reuters | Editor: Sanny Cicilia

MADRID. Real Madrid memecahkan rekor selama 10 tahun berturut-turut menjadi klub sepakbola nomor wahid di dunia dengan total pendapatan € 549,5 juta. Madrid mengalahkan Manchester United. Secara total, jumlah pendapatan gabungan untuk 20 klub terkaya dunia naik 14% menjadi € 6,2 miliar.

Daftar klub-klub terkaya dunia versi Deloitte didominasi oleh liga yang disebut dengan nama Big Five yakni Liga Premier di Inggris, Bundesliga Jerman, Seria A Italia, La Liga Spanyol dan Prancis Ligue 1.

Posisi Real Madrid dikuntit Manchester United. Kendati klub berjuluk Setan Merah ini mengalami musim yang buruk, pendapatan Manchester United di 2014 naik menjadi € 518 juta dari tahun sebelumnya, € 424 juta. Pendapatan Manchester United dari hak siar terkerek hingga 34%.

Deloitte memperkirakan, keuangan Manchester United makin gembung berkat kesepakatan dengan General Motors dan kontrak 10 tahun dengan Adidas yang nilainya mencapai US$ 1,14 miliar.

"Ketidakhadiran mereka di kompetisi Eropa bisa dirasakan. Jika mereka kembali ke Liga Champions, mereka bisa berada di puncak dalam dua tahun," ujar Austin Houlihan, Manajer Senior Deloitte seperti dilansir Reuters.

Juara Bundesliga, Bayern Munich menempati posisi ketiga dengan nilai kekayaan sebesar € 488 juta. Barcelona yang menjadi musuh bebuyutan Real Madrid berada di urutan empat sebagai klub paling kaya di dunia. Klub sepakbola asal Catalan,  Spanyol tersebut mengantongi pendapatan € 485 juta.

Angka terbaru yang dipublikasikan oleh Deloitte mengecualikan biaya transfer pemain, pajak pertambahan nilai, dan pajak penjualan lainnya.

Peringkat tersebut juga menunjukkan dominasi Real Madrid dalam hal negosiasi siaran La Liga Spanyol.  Tidak seperti di liga-liga Eropa utama lain yang memiliki sistem tawar menawar kolektif dan pendapatan bersama, klub Spanyol menyetujui kontrak secara individual.

Dari total hak siar Liga Spanyol senilai € 600 juta musim ini, separuhnya mengalir ke Real Madrid dan Barcelona. Madrid menghasilkan pendapatan dari hak siar sebesar € 204,2 juta. Di musim yang sama, Barca meraup pendapatan hak siar senilai € 182,1 juta. Bandingkan dengan pendapatan Manchester United dan Bayern Munich yang masing-masing hanya € 162,3 juta dan € 107,7 juta.

Pendapatan klub sepakbola asal Spanyol lainnya, Atletico Madrid melonjak 84% menjadi € 96,5 juta dari hak siar. Atletico Madrid mengantongi pendapatan € 50 juta ketika bermain di laga final Liga Champions Eropa. Menurut daftar yang disusun Deloitte, Atletico Madrid merupakan klub paling kaya nomor 15 di dunia dengan jumlah kekayaan
€ 185, 6 juta.

Penawaran hak siar mendorong hampir seluruh klub sepakbola yang bermain dalam Liga Premier masuk dalam daftar 40 klub dengan penghasilan tertinggi. Selain Manchester United, ada Manchester City di urutan enam klub terkaya dunia dengan jumlah pendapatan € 414,4 juta.

Kekayaan City mengungguli Chelsea. "Ini merupakan bukti daya tarik besar liga global dan kesetaraan distribusi klub terhadap rekan-rekan mereka di Eropa," jelas Houlihan.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×