Sumber: USAtoday |
Karena resesi mencekik AS, warga Negeri Uwak Sam harus mengurangi anggaran hiburan di luar rumah. Pilihan yang ada hanyalah menciptakan kegembiraan di dalam rumah. Maka, tidaklah mengejutkan bahwa salah satu produk penting yang membukukan penjualan yang legit pada masa resesi ini adalah kondom.
Saat penjualan roda empat menyusut dan pakaian-pakaian branded tetap berada di raknya, penjualan kondom di AS meningkat 5% di kuartal keempat tahun 2008. Bulan Januari lalu, penjualan kondom kian terkerek 6% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini mencuat dari laporan yang dirilis oleh Nielsen Co.
"Jika orang-orang tak punya uang untuk makan di luar, atau mereka memang tengah memangkas pengeluaran, Trojan memberikan mereka cara yang paling bisa dijangkau dengan tetap tinggal di rumah namun tetap menyisakan kenangan teresediri," kata Jim Daniels, Vice President of Marketing untuk Trojan, produsen kondom nomor satu di AS.
Sementara itu Pam Piligian dari Fitzgerald+CO, agen periklanan dari kondom Durex, mengatakan bahwa kondom cukup tahan banting terhadap resesi.
Meski tak drastis, nyatanya penjualan kondom meningkat 2,3% pada tahun 2008, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Hanya saja, angka ini masih kalah tinggi jika dibandingkan dengan peningkatan yang dibukukan tiga tahun lalu, yaitu mencapai 5,5%.
Para marketer mengatakan, mereka perlu untuk mengingatkan konsumen nahwa kondom bukanlah barang yang mahal. Selebihnya, kondom merupakan salah satu perkakas untuk tetap sehat namun menyenangkan.
Piligian bilang, dalam perekonomian yang kusut seperti ini, minggu lalu Durex memberikan kupon (gratis kondom-red) di sejumlah surat kabar. Durex akan menawarkan lebih banyak kupon kondom lagi di situsnya, yaitu trydurex.com.
Trojan bakalan mengiklankan produknya lebih banyak lagi tahun ini, bahkan lebih banyak ketimbang tahun lalu, untuk mengiklankan dua jenis kondom anyarnya. Yaitu, Trojan 2Go dan Trojan Ecstasy.