kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS984.000 -0,40%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Rilis foto resmi, Korea Utara konfirmasi peluncuran rudal balistik dari kapal selam


Rabu, 20 Oktober 2021 / 09:58 WIB
Rilis foto resmi, Korea Utara konfirmasi peluncuran rudal balistik dari kapal selam
ILUSTRASI. Foto menunjukkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) selama uji coba yang dilakukan Korea Utara pada hari Selasa, 19 Oktober 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Media pemerintah Korea Utara, pada hari Rabu (20/10), akhirnya mengonfirmasi peluncuran rudal balistik dari kapal selam (SLBM). Sejumlah foto juga disertakan untuk menunjukkan wujud rudal serta kapal selam yang meluncurkannya.

Kantor berita KCNA menjelaskan bahwa pada hari Selasa (19/10) militer negara telah meluncurkan SLBM tipe baru dari kapal selam yang sama yang terlibat dalam uji coba SLBM lama pada 2016.

Dalam laporannya, KCNA mengatakan SLBM baru menampilkan kemampuan canggih, seperti mobilitas sayap dan mobilitas loncatan meluncur dengan teknologi baru.

"SLBM akan sangat berkontribusi untuk menempatkan teknologi pertahanan negara pada tingkat tinggi dan untuk meningkatkan kemampuan operasional bawah laut angkatan laut kita," tulis KCNA, seperti dikutip Reuters.

Foto-foto yang dirilis menunjukkan rudal yang lebih tipis dan lebih kecil dari desain SLBM Korea Utara sebelumnya. Jenis rudal ini sebelumnya belum pernah terlihat dalam sejumlah pameran militer yang kerap diselenggarakan Korea Utara, termasuk pameran pekan lalu.

Baca Juga: Korea Utara kini mencurigai Jepang sedang bersiap melakukan agresi

Joseph Dempsey, seorang peneliti pertahanan di Institut Internasional untuk Studi Strategis, menjelaskan bahwa SLBM yang lebih kecil memungkinkan kapal selam bisa menyimpan lebih banyak rudal di dalamnya.

"Meskipun desain SLBM Korea Utara yang lebih kecil dapat memungkinkan lebih banyak rudal per kapal, itu juga dapat memungkinkan desain kapal selam rudal balistik (SSB) yang lebih kecil dan tidak terlalu menantang," ungkap Dempsey melalui Twitter, seperti dikutip Reuters.

Pada hari Selasa, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan bahwa satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo. Wilayah tersebut merupakan titik di mana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak SLBM.

Dari Jepang, Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan bahwa dua rudal balistik telah terdeteksi. Kishida juga menyesalkan aktivitas Korea Utara yang melakukan serangkaian uji coba rudal dalam beberapa pekan terakhir.

Selanjutnya: Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik, diduga meluncur dari kapal selam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×