kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rogoh US$ 1,1 miliar, Uniqa akuisisi bisnis AXA di Eropa Timur


Senin, 10 Februari 2020 / 16:58 WIB
Rogoh US$ 1,1 miliar, Uniqa akuisisi bisnis AXA di Eropa Timur
ILUSTRASI. Logo AXA. Perusahaan asuransi asal Austria Uniqa Insurance Group membeli unit bisnis AXA SA di Eropa Timur senilai 1 miliar euro. REUTERS/Mick Tsikas/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD SEARCH GLOBAL BUSINESS 31 JUL FOR ALL IMAGES

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - PARIS. Perusahaan asuransi asal Austria Uniqa Insurance Group membeli unit bisnis AXA SA di Eropa Timur, yaitu di Polandia, Republik Ceko, dan Slovakia senilai 1 miliar euro atau setara U$ 1,1 miliar.

Melansir Bloomberg, Sabtu (8/2) Uniqa bakal mengambil alih unit bisnis asuransi jiwa, dan asuransi non jiwa, perusahaan investasi dana pensiun, hingga perusahaan jasa AXA di tiga negara tersebut.

Baca Juga: Waduh, virus corona bisa bikin pabrik mobil di seluruh dunia tutup

Uniqa berhasil mengakuisisi AXA di Eropa Timur setelah mengalahkan beberapa penawaran yang diajukan oleh dua pesaingnya yaitu Vienna Insurance Group juga dari Asutria, dan Assicurazioni Generali SpA dari Italia.

Dana akuisisi dari Uniqa bakal diperoleh dari utang yang sesuai dengan ketentuan berlaku. Adapun aksi akuisisi dilakukan Uniqa guna ekspansi di Eropa. Saat ini, Uniqa lebih kurang menguasai 50% pangsa pasar industri asuransi di Austria, dan merupakan pemain terbesar.

Sementara AXA merupakan perusahaan asuransi terbesar kedua di Eropa.

Tahun lalu, AXA berhasil membukukan penjualan sekitar 100 miliar Euro, sementara Uniqa senilai 5 miliar Euro. Nilai saham AXA sepanjang 2019 lalu juga telah meningkat 22% menjadikan perusahaan asal Prancis ini punya valuasi hingga 60 miliar Euro. Pada periode yang sama nilai saham Uniqa meningkat 6,4% dengan valuasi senilai 2,7 miliar Euro.

Baca Juga: Akibat virus corona, produksi smartphone bisa terancam

Pascaakuisisi rampung, Uniqa diperkirakan bakal tambahan 5 juta nasabah, dan sekitar 2.100 pegawai dari bisnis AXA di tiga negara tersebut.


Tag


TERBARU

Close [X]
×