kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,96   14,17   1.59%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rudal Israel Hantam Lokasi di Iran, Ledakan Terdengar di Isfahan


Jumat, 19 April 2024 / 09:51 WIB
Rudal Israel Hantam Lokasi di Iran, Ledakan Terdengar di Isfahan
ILUSTRASI. Menurut stasiun penyiaran AS, ABC News, Rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran. REUTERS/Violeta Santos Moura


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Stasiun penyiaran AS, ABC News, dengan mengutip seorang pejabat AS melaporkan, rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran.

Sementara, televisi pemerintah Iran melaporkan ledakan di Isfahan.

Mengutip Al Jazeera, Israel telah berjanji untuk merespons balasan setelah Iran pada Sabtu lalu meluncurkan serangan drone dan rudal ke negara tersebut.

Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa telah meminta Israel untuk tidak menanggapi hal ini.

Melansir Sydney Morning Herald, kantor berita Fars Iran mengatakan ledakan terdengar di dekat bandara di kota Isfahan tengah, namun penyebabnya tidak diketahui.

“Penyebab suara-suara ini masih belum diketahui, dan penyelidikan terus dilakukan hingga rincian pasti dari insiden tersebut ditentukan,” kata kantor berita semi-resmi Fars.

Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah mengatakan Iran telah menembakkan baterai pertahanan udara di beberapa provinsi, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Maskapai penerbangan Emirates dan FlyDubai yang berbasis di Dubai mulai mengalihkan rute ke wilayah Iran bagian barat sekitar pukul 04.30 waktu Iran. 

Baca Juga: Rudal dan Drone Hizbullah Menyerbu Israel

Mereka tidak memberikan penjelasan, meskipun peringatan pemerintah setempat kepada maskapai penerbangan menunjukkan bahwa wilayah udara mungkin telah ditutup.

Iran kemudian menangguhkan penerbangan di beberapa kota.

“Penerbangan di kota Isfahan, Shiraz dan Teheran telah ditangguhkan,” lapor media pemerintah.

Televisi pemerintah Iran mulai menampilkan peringatan di layar yang mengenali “suara keras” di dekat Isfahan, tanpa segera memberikan penjelasan lebih lanjut.

Insiden ini terjadi ketika ketegangan masih tinggi di Timur Tengah setelah serangan rudal dan drone Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

Fars melaporkan suara ledakan di Isfahan dekat bandara internasionalnya. Tidak ada penjelasan mengenai ledakan tersebut. Namun, Isfahan adalah rumah bagi pangkalan udara utama militer Iran, serta lokasi yang terkait dengan program nuklirnya.

Pemerintah Iran tidak segera memberikan komentar.

Isfahan berjarak sekitar 350 kilometer selatan ibu kota Iran, Teheran.

Baca Juga: Usai Serang Israel, Iran Janji Bakal Jaga Ekspor Minyak di Kawasan Timur Tengah

Akhir pekan lalu, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal sebagai serangan balasan setelah dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah. Sebagian besar drone dan rudal ditembak jatuh sebelum mencapai wilayah Israel.

Serangan di Suriah menewaskan dua jenderal Iran. Iran mendukung Hamas dalam perjuangannya melawan Israel.

Israel mengatakan akan membalas serangan rudal dan drone Iran. Amerika Serikat dan beberapa negara lain telah meminta Israel untuk tidak menanggapi hal ini.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×