kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Memangkas Pasokan Gas ke Polandia


Rabu, 27 April 2022 / 10:05 WIB
Rusia Memangkas Pasokan Gas ke Polandia
ILUSTRASI. Gazprom . REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WARSAW/SOFIA/KYIV. Rusia menghentikan pasokan gas ke Polandia berdasarkan kontrak Yamal pada Rabu, menurut data dari jaringan operator transmisi gas Uni Eropa, memperdalam keretakan antara Barat dan Rusia atas invasi ke Ukraina.

Bulgaria, seperti Polandia anggota NATO dan Uni Eropa, mengatakan sebelumnya bahwa Rusia juga akan menghentikan pasokan gas ke sana. Tidak ada kabar pada Rabu pagi jika pasokan Bulgaria juga dipotong. Ukraina menuduh Rusia memeras Eropa atas energi dalam upaya untuk menghancurkan sekutunya, saat pertempuran memasuki bulan ketiga tanpa Rusia merebut kota besar.

Lawan Kremlin yang gigih Polandia adalah salah satu negara Eropa yang menuntut sanksi terberat terhadap Rusia karena menyerang tetangganya. Kontrak pasokan gas Polandia dengan raksasa energi Gazprom adalah untuk 10,2 miliar meter kubik (bcm) per tahun, dan mencakup sekitar 50% dari konsumsi nasional.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Pada Rabu (27/4) Pagi, Investor Pertimbangkan Dampak Perang Ukraina

PGNiG milik negara Polandia mengatakan pasokan dari Gazprom melalui Ukraina dan Belarus akan dipotong pada pukul 8 pagi waktu setempat pada hari Rabu, tetapi Polandia mengatakan tidak perlu menarik cadangan dan penyimpanan gasnya 76%.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah meminta negara-negara "tidak ramah" untuk membayar impor gas dalam rubel, permintaan yang hanya diterapkan oleh beberapa pembeli.

"Tujuan akhir dari kepemimpinan Rusia bukan hanya untuk merebut wilayah Ukraina, tetapi untuk memecah seluruh pusat dan timur Eropa dan memberikan pukulan global terhadap demokrasi," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Selasa malam.

Baca Juga: Anggaran Rusia di Atas Rata-Rata Dunia, Belanja Militer Global Cetak Rekor Tertinggi

Kepala stafnya, Andriy Yermak, mengatakan Rusia "memulai pemerasan gas Eropa".

"Rusia berusaha menghancurkan persatuan sekutu kami," kata Yermak.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×