kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Mengerek Suku Bunga, Menginisiasi Kontrol Modal di Tengah Sanksi Ekonomi


Senin, 28 Februari 2022 / 22:01 WIB
Rusia Mengerek Suku Bunga, Menginisiasi Kontrol Modal di Tengah Sanksi Ekonomi
ILUSTRASI. Ilustrasi ekonomi Rusia. REUTERS/Anton Vaganov


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Bank Sentral Rusia menaikkan suku bunga kebijakan utamanya lebih dari dua kali lipat pada Senin (28/2) dan memperkenalkan beberapa kontrol modal ketika negara itu menghadapi isolasi ekonomi yang semakin dalam. Tetapi gubernur bank sentralnya mengatakan sanksi telah menghentikannya menjual mata uang asing untuk menopang rubel.

Mengutip Reuters, Senin (28/2), pengakuan bahwa pembatasan secara efektif mengikat tangan Bank Rusia menggarisbawahi keganasan serangan balik terhadap invasi Moskow ke Ukraina dan keberhasilan sekutu Barat dalam membatasi kemampuannya untuk menyebarkan sekitar US$ 640 miliar devisa dan cadangan emas.

"Bank sentral hari ini menaikkan suku bunga utamanya menjadi 20% karena sanksi baru memicu deviasi signifikan dari nilai tukar rubel dan membatasi pilihan bank sentral untuk menggunakan emas dan cadangan devisanya," kata Gubernur Elvira Nabiullina dalam konferensi pers.

"Kami harus menaikkan tarif (untuk) memberi kompensasi kepada warga atas peningkatan risiko inflasi."

Baca Juga: Ekonomi India Kehilangan Momentum di Kuartal IV-2021, Krisis Ukraina Kaburkan Prospek

Sanksi Barat sebelumnya telah mengirim rubel jatuh hampir 30% ke rekor terendah. Ini bangkit kembali setelah bank sentral menaikkan suku bunga utamanya menjadi 20%, level tertinggi abad ini, dari 9,5%.

Bank Rusia menjual US$ 1 miliar di pasar valuta asing pada hari Kamis, kata Nabiullina, tetapi tidak melakukan intervensi pada hari Senin.

"Mengingat pembatasan penggunaan cadangan emas dan valas dalam dolar dan euro, kami tidak melakukan intervensi hari ini," kata Nabiullina.

Itu menunjukkan bahwa rubel didukung oleh pelaku pasar lain yang tidak disebutkan namanya.

Pada hari Senin, bank sentral dan kementerian keuangan mengatakan mereka akan memerintahkan perusahaan pengekspor, yang mencakup beberapa produsen energi terbesar dunia dari Gazprom hingga Rosneft, untuk menjual 80% dari pendapatan valas mereka di pasar, sebagai kemampuan bank sentral sendiri untuk intervensi di pasar mata uang dibatasi. 

Amerika Serikat dan Inggris melarang warga atau entitas mereka bertransaksi dengan bank sentral, Dana Kekayaan Nasional Rusia, atau kementerian keuangan Rusia.

Swiss mengatakan akan mengadopsi sanksi Uni Eropa terhadap Rusia yang terlibat dalam invasi ke Ukraina dan membekukan aset mereka, yang menyimpang dari tradisi negara netral.

Bank-bank besar Rusia juga telah dikeluarkan dari jaringan pesan SWIFT yang memfasilitasi transaksi keuangan senilai triliunan dolar di seluruh dunia, sehingga menyulitkan pemberi pinjaman dan perusahaan untuk melakukan dan menerima pembayaran.

Nabiullina mengatakan Rusia memiliki pengganti internal untuk SWIFT yang dapat terhubung dengan rekanan asing, tetapi tidak memberikan perincian.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×