kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.399.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.455   5,00   0,03%
  • IDX 7.761   58,65   0,76%
  • KOMPAS100 1.178   4,09   0,35%
  • LQ45 952   4,14   0,44%
  • ISSI 225   0,37   0,16%
  • IDX30 484   2,99   0,62%
  • IDXHIDIV20 585   1,58   0,27%
  • IDX80 133   0,65   0,49%
  • IDXV30 138   -0,23   -0,16%
  • IDXQ30 162   0,84   0,52%

Saurya Airlines Jatuh di Bandara Kathmandu Nepal, 18 Orang Meninggal


Rabu, 24 Juli 2024 / 21:05 WIB
Saurya Airlines Jatuh di Bandara Kathmandu Nepal, 18 Orang Meninggal
ILUSTRASI. KATHMANDU, NEPAL - JULY 24: A view of the aircraft belonging to Saurya Airlines crashed during takeoff at the Tribhuvan International Airport (TIA) in the capital Kathmandu, Nepal on July 24, 2024. Sunil Pradhan / AnadoluNo Use USA No use UK No use Canada No use France No use Japan No use Italy No use Australia No use Spain No use Belgium No use Korea No use South Africa No use Hong Kong No use New Zealand No use Turkey


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - KATHMANDU. Delapan belas orang tewas ketika sebuah pesawat penumpang kecil milik Saurya Airlines Nepal jatuh dan terbakar saat lepas landas dari ibu kota Kathmandu pada hari Rabu (24/7).

Pesawat tersebut, yang membawa dua anggota kru dan 17 teknisi, sedang menuju pemeliharaan rutin ke bandara baru di Pokhara, yang dibuka pada Januari tahun lalu dan dilengkapi dengan hanggar pemeliharaan pesawat.

"Tak lama setelah lepas landas ... pesawat tersebut berbelok ke kanan dan jatuh di sisi timur landasan pacu," kata Otoritas Penerbangan Sipil Nepal dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: 18 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Pesawat di Nepal

Kecelakaan ini sekali lagi memusatkan perhatian pada catatan keselamatan udara yang buruk dari negara Himalaya yang miskin dan terkurung daratan, yang terjepit di antara India dan China dan sangat bergantung pada konektivitas udara karena jaringan jalan yang terbatas.

Hampir 350 orang telah tewas dalam kecelakaan pesawat atau helikopter di negara ini sejak tahun 2000.

Perdana Menteri Nepal, K.P. Sharma Oli, mengunjungi lokasi kecelakaan dan meminta masyarakat untuk "bersabar" dalam sebuah posting media sosial, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sebuah rapat darurat kabinet diadakan untuk membentuk panel guna menyelidiki kecelakaan tersebut, kata juru bicara pemerintah.

Delapan belas dari mereka yang berada di pesawat CRJ-200 berkapasitas 50 penumpang yang jatuh, dengan nomor registrasi 9N-AME, adalah warga negara Nepal sementara satu teknisi berasal dari Yaman, kata Saurya.

"Hanya kapten yang diselamatkan dalam keadaan hidup dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit," kata Tej Bahadur Poudyal, juru bicara Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu.

Baca Juga: Ganggu Keharmonisan Keluarga, Nepal Melarang TikTok

Gambar televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan asap hitam tebal membubung ke langit.

Gambar lain menunjukkan, pesawat terbang sedikit di atas landasan pacu dan kemudian miring ke kanan sebelum jatuh.

Gambar lain menunjukkan, pekerja penyelamat memeriksa sisa-sisa pesawat yang hangus, berserakan di ladang hijau subur, dan tubuh korban dibawa ke ambulans dengan tandu sementara warga menyaksikan.

"Pesawat tersebut dijadwalkan untuk menjalani pemeliharaan selama sebulan mulai Kamis ... Tidak jelas mengapa pesawat itu jatuh," kata Mukesh Khanal, kepala pemasaran Saurya Airlines.

Bandara Kathmandu ditutup sementara setelah kecelakaan tersebut tetapi dibuka kembali dalam beberapa jam, kata pejabat.

Baca Juga: Nepal Diguncang Gempa Magnitudo 6,4, Sedikitnya 69 Orang Meninggal

Rekor keselamatan udara Nepal yang buruk

Menurut pelacakan penerbangan Flightradar24, Saurya saat ini mengoperasikan dua jet regional CRJ-200, sebuah program yang dimiliki oleh Bombardier Kanada tetapi dibeli oleh Mitsubishi Heavy Industries pada tahun 2020.

Saurya mengatakan, memiliki satu lagi CRJ-200 dalam armadanya.

Bombardier merujuk pertanyaan tentang insiden tersebut kepada MHI RJ Aviation Group yang berbasis di Kanada, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Nepal telah dikritik karena catatan keselamatan udaranya yang buruk, di mana banyak maskapai penerbangannya terbang ke bandara kecil di perbukitan terpencil dan dekat puncak yang diselimuti awan.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Nepal melonjak, rumah sakit kehabisan tempat tidur dan oksigen

Negara ini adalah rumah bagi delapan dari 14 puncak gunung tertinggi di dunia.

Terletak di jantung Lembah Kathmandu, bandara utama negara ini dikelilingi oleh pegunungan, mempengaruhi arah dan intensitas angin di daerah tersebut dan membuat lepas landas dan pendaratan menjadi tantangan bagi pilot.

Insiden paling mematikan terjadi pada tahun 1992, ketika Airbus milik Pakistan International Airlines jatuh di lereng bukit saat mendekati Kathmandu, menewaskan 167 orang.

Baru-baru ini, sedikitnya 72 orang tewas dalam kecelakaan Yeti Airlines pada Januari 2023 yang kemudian diatribusikan kepada kesalahan pilot yang mematikan daya secara tidak sengaja.




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×