kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera rilis: Kapal selam rudal balistik baru Angkatan Laut Korut?


Jumat, 19 Juni 2020 / 07:55 WIB
Segera rilis: Kapal selam rudal balistik baru Angkatan Laut Korut?
ILUSTRASI. Ilustraski peluncuran rudal dari kapal selam Korut. KCNA via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sebuah citra satelit yang pertama kali dianalisis oleh situs web pemantauan Korea Utara, 38 North, mengungkapkan objek tak dikenal yang berada di sebelah dermaga di galangan kapal Sinpo Korea Utara.

Melansir situs National Interest, galangan kapal itu biasanya berfungsi sebagai pangkalan angkatan laut dan merupakan pusat dari program peluncuran kapal selam rudal balistik Korea Utara. Ini menunjukkan pentingnya kapal selam tersebut.

Baca Juga: Awas! Korea Utara bakal menyerang sistem pemilihan presiden AS November nanti

Meskipun foto tersebut tidak mengungkapkan secara spesifik tentang kapal selam baru, apa yang mereka tunjukkan adalah perkiraan secara kasar bagaimana kemampuan kapal selam baru tersebut. Dengan mempertimbangkan lokasi galangan kapal Sinpo, kapal selam baru Korea Utara bisa menjadi langkah lain dalam perang angkatan laut Korea Utara yang sedang berkembang.

Analisis angkatan laut H I Sutton menilai, kapal selam itu mungkin adalah kapal selam cebol, mirip dengan kapal selam tempur Angkatan Laut AS, yang digunakan untuk memasukkan Navy SEAL ke lokasi pantai atau bawah laut. Ini karena ukuran kapal selam yang diduga kecil, diperkirakan 50 hingga 55 kaki, atau sekitar 16 meter.

Baca Juga: Jadi ancaman, Donald Trump perpanjang sanksi atas Korea Utara

Meski begitu, kapal ini tidak harus membawa kemampuan baru yang belum dimiliki Korea Utara, karena kapal selam cebol sudah menjadi bagian dari angkatan laut DPRK. Apa yang mungkin adalah kapal selam rudal balistik miniatur.

"Kemungkinan lain yang lebih mungkin adalah bahwa itu adalah kendaraan bawah air tanpa awak ekstra besar. ini akan menjadi langkah mengejutkan karena kemampuan Korea Utara di bidang ini pada umumnya diragukan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×