kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekarang mesra, dulu AS pernah memusuhi Taiwan


Selasa, 11 Agustus 2020 / 14:25 WIB
Sekarang mesra, dulu AS pernah memusuhi Taiwan
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (AS), Alex Azar, mengenakan masker saat menghadiri pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di kantor kepresidenan, di Taipei, Taiwan 10 Agustus 2020. Kantor Berita Pusat / Kolam via REUTERS


Sumber: BBC,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Di tengah hubungan yang memburuk antara Washington dan Beijing, pemerintahan Donald Trump telah memprioritaskan penguatan dukungannya terhadap pulau demokrasi itu, dan meningkatkan penjualan senjata ke Taiwan.

Tak hanya itu, melansir Reuters, AS juga mengirim Menteri Kesehatan AS Alex Azar ke Taiwan sebagai bentuk dukungannya. Azar tiba di Taiwan pada hari Minggu sebagai pejabat tingkat tertinggi AS yang berkunjung dalam empat dekade. Perjalanan Azar dikutuk oleh China yang mengklaim Taiwan sebagai miliknya. Kondisi ini semakin menegangkan hubungan AS-China.

Lantas, bagaimana sejarah hubungan antara AS dengan Taiwan? Mengapa AS sangat gencar dalam memberikan dukungannya kepada Taiwan? 

Baca Juga: Perbandingan militer China vs Taiwan, siapa yang paling kuat?

Berikut adalah sejarah hubungan antara AS dengan Taiwan seperti yang disarikan dari BBC:

Sejauh ini, Amerika adalah teman terpenting Taiwan, dan satu-satunya sekutunya.

Hubungan tersebut, yang ditempa selama Perang Dunia II dan Perang Dingin, mengalami ujian terberat pada 1979. Pada saat itu, Presiden AS Jimmy Carter mengakhiri pengakuan diplomatik AS atas Taiwan untuk berkonsentrasi pada hubungan yang berkembang dengan China. 

Baca Juga: Taiwan beritahu AS, China mau mengubahnya jadi Hong Kong berikutnya

Namun, Kongres AS, menanggapi langkah tersebut dengan mengesahkan UU Hubungan Taiwan, yang berjanji untuk memasok Taiwan dengan senjata pertahanan, dan menekankan bahwa setiap serangan oleh China akan dianggap sebagai "keprihatinan besar" bagi AS.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×