kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekuritas China agresif memburu dana di bursa


Selasa, 24 Maret 2015 / 10:55 WIB
Sekuritas China agresif memburu dana di bursa
ILUSTRASI. Perbedaan Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23 FE


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Sanny Cicilia

HONG KONG. Wajah perekonomian China mungkin masih labil. Tapi, tidak demikian dengan kondisi bursa saham. Volume transaksi bursa saham China justru meningkat mencapai US$ 6,1 triliun.

Setidaknya ada tiga perusahaan sekuritas yang tengah memburu dana segar dari bursa. Perburuan dana ini merupakan upaya mempertebal modal agar mampu ekspansi di tengah tren kenaikan volume transaksi.

Mereka adalah GF Securities Co, Citic Securities Co dan Haitong Securities Co. Ketiga perusahaan ini masuk jajaran empat sekuritas terbesar di China. Total, tiga sekuritas itu memburu dana lebih dari sekitar US$ 14 miliar.

GF Securities, perusahaan terbesar keempat di China berdasarkan valuasi pasar, berencana menerbitkan saham baru (right issue) sebesar US$ 3,6 miliar. Ini adalah hajatan rights issue perdana bagi GF Securities. 

GF Securities akan menjual 1,48 miliar saham baru seharga HK$ 15,65 hingga HK$ 18,85 per saham. Harga ini terdiskon 43%-52% dari harga saham GF Securities pada penutupan perdagangan akhir pekan kemarin.

GF Securities sudah mendapatkan calon pembeli alias cornerstone investor yang bakal menyerap setengah dari saham baru atau sekitar
US$ 1,87 miliar. Calon pembeli tersebut diantaranya Fubon Life Insurance Co yang bakal membeli US$ 300 juta dan L.R. Capital yang akan membeli US$ 250 juta. 

Sementara, penguasa pasar brokerage China, Citic Securities Co dan sekuritas terbesar ketiga, Haitong Securities Co masih memproses rencana penerbitan saham baru. Kedua perusahaan sekuritas itu diperkirakan memburu dana segar lebih dari US$ 9 miliar.

Sejumlah analis menilai, GF Securities memiliki diversifikasi bisnis yang lebih menarik dibandingkan Haitong. "Prospek bisnis GF bisa tinggi di tengah tren naik bursa saham China," ujar Nelson Yan, Chief Investment Officer Changjiang Securities seperti dikutip Bloomberg, Senin (23/3).

Sebagai perbandingan, valuasi saham GF Securities diperdagangkan pada nilai buku (book value) 13,9 kali di akhir tahun 2014. Sementara, Haitong Securities diperdagangkan lebih mahal atau di kisaran 15,6 kali.

GF Securities bakal menentukan harga saham baru pada 31 Maret. Goldman Sachs Group Inc menjadi salah satu penjamin emisi.

https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×