kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45795,33   3,48   0.44%
  • EMAS938.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Selain India, China juga sengketa perbatasan dengan 17 negara, termasuk Indonesia


Minggu, 28 Juni 2020 / 07:15 WIB
Selain India, China juga sengketa perbatasan dengan 17 negara, termasuk Indonesia
ILUSTRASI. An Indian army convoy moves along Srinagar-Leh national highway, at Gagangeer, in east Kashmir's Ganderbal district, June 15, 2020. REUTERS/Danish Ismail

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - New Delhi. Konflik wilayah perbatasan antara India vs China yang sempat menewaskan puluhan tentara dari kedua belah pihak belum berujung damai. Namun sengketa perbatasan China ternyata tidak hanya dengan India saja. China memiliki konflik perbatasan dengan belasan negara, termasuk Indonesia.

Perselisihan di perbatasan antara tentara India dan tentara Kebebasan Rakyat China (PLA) telah memicu sentimen anti-China di India. Seruan untuk boikot produk China menggaung dari kalangan elit politik terkemuka sampai rakyat biasa di India.

Baca juga: Kapok jadi artis film porno, berapa penghasilan Mia Khalifa?

Kasus sengketa perbatasan China-India memang telah berlangsung lama namun kasus itu bukan satu-satunya yang dimiliki China. Pemerintah China memiliki sengketa perbatasan dan wilayah dengan 18 negara termasuk Indonesia.

Berikut ini daftar negara yang tercatat sebagai sengketa permbatasan China berdasarkan laporan IndiaTV:

1. Jepang

Bagian Laut China Selatan khususnya Kepulauan Senkaku, Kepulauan Ryukyu diklaim oleh Jepang dan China yang saling berselisih tentang batas wilayah tersebut.

2. VietnamĀ 

China klaim sebagian besar Vietnam sebagai preseden sejarah (Dinasti Ming 1368-1644). Juga Bantaran Macclesfield, Kepulauan Paracel, bagian dari Laut China Selatan dan Kepulauan Spratly.

3. India

China menempati 38.000 kilometer persegi wilayah India dengan nama Aksai Chin. China juga mengklaim Arunachal Pradesh dan Ladakh. Sikap ekspansi inilah yang menyebabkan bentrokan baru-baru ini antara PLA dan Angkatan Darat India.

4. Nepal

China mengklaim bagian dari Nepal yang berasal dari Perang Sino-Nepal pada 1788-1792. China mengklaim bahwa mereka adalah bagian dari Tibet oleh karenanya wilayah itu merupakan bagian dari China.




TERBARU

[X]
×