kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Selain Indonesia, ini sederet negara yang dicabut AS dari daftar negara berkembang


Sabtu, 22 Februari 2020 / 14:06 WIB
Selain Indonesia, ini sederet negara yang dicabut AS dari daftar negara berkembang
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Amerika Serikat beberapa waktu lalu mengeluarkan sejumlah negara dari daftar negara- negara berkembang. REUTERS/Jonathan Ernst TPX IMAGES OF THE DAY

Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Kabar mengejutkan datang pada bulan ini saat Amerika Serikat mengeluarkan sejumlah negara dari daftar negara- negara berkembang. Dan, Indonesia adalah salah satunya.

Seperti diberitakan South China Morning Post, langkah yang dilakukan pemerintahan Donald Trump ini untuk menurunkan batasan yang mendorong investigasi AS apakah suatu negara mengancam industri AS dengan subsidi ekspor yang mereka nilai tak adil. 

Baca Juga: AS cabut China, RI dan 3 negara lain dari daftar negara berkembang, apa artinya?

Hal ini berdasarkan catatan yang dirilis Perwakilan Perdagangan AS (USTR). 

Namun Indonesia tak sendiri. Secara total ada 25 negara dari benua Eropa hingga Afrika yang dicabut dari status negara berkembang. 

Negara-negara yang dikeluarkan dari daftar negara berkembang tersebut adalah Albania, Argentina, Armenia, Brazil, Bulgaria, dan China. Kemudian ada Kolombia, Kosta Rika, Georgia, Hong Kong, India, Indonesia, Kazakhstan, dan Republik Kirgis. 

Baca Juga: Dicoret dari daftar negara berkembang oleh AS, begini efeknya ke Indonesia

Selanjutnya ada Malaysia, Moldova, Montenegro, Makedonia Utara, Romania, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Ukraina, dan Vietnam. 





Close [X]
×