kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,19   -8,30   -0.90%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat Buntu, Biden dan McCathy Akhirnya Capai Kesepakatan Sementara Plafon Utang AS


Minggu, 28 Mei 2023 / 20:34 WIB
Sempat Buntu, Biden dan McCathy Akhirnya Capai Kesepakatan Sementara Plafon Utang AS
ILUSTRASI. Biden, McCarthy mencapai kesepakatan sementara plafon utang AS. REUTERS/Evelyn Hockstein/File Foto


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden AS Joe Biden dan dan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy mencapai kesepakatan tentatif untuk menaikkan plafon utang pemerintah federal sebesar US$ 31,4 triliun pada Sabtu malam. 

Kesepakatan itu mengakhiri kebuntuan selama berbulan-bulan antara pemerintah dan Kongres.

"Saya baru saja menutup telepon dengan presiden beberapa saat yang lalu. Setelah dia membuang-buang waktu dan menolak untuk bernegosiasi selama berbulan-bulan, kami telah mencapai kesepakatan prinsip yang layak untuk rakyat Amerika," cuit McCarthy dikutip dari Reuters.

Biden menyebut kesepakatan itu sebagai langkah maju yang penting.

"Perjanjian tersebut merupakan kompromi, yang berarti tidak semua orang mendapatkan apa yang mereka inginkan. Itu adalah tanggung jawab untuk mengatur," ujarnya.

Baca Juga: Debt Ceiling AS Akan Beri Dampak ke RI, BI Pasang Kuda-kuda Kuat

Kesepakatan itu akan menangguhkan batas utang hingga Januari 2025, sambil membatasi pengeluaran dalam anggaran 2024 dan 2025, menarik kembali dana COVID yang tidak terpakai, mempercepat proses perizinan untuk beberapa proyek energi dan memasukkan beberapa persyaratan kerja tambahan untuk program bantuan pangan bagi orang miskin Amerika. 

Setelah berbulan-bulan tanpa membuahkan hasil, kesepakatan tentatif datang bersamaan dalam banyak panggilan. 

Biden dan McCarthy melakukan panggilan telepon selama 90 menit pada Sabtu malam untuk membahas kesepakatan tersebut, McCarthy memberi pengarahan kepada anggotanya, dan Gedung Putih serta pemimpin DPR berbicara sesudahnya.

"Masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan malam ini untuk menyelesaikan kesepakatannya," kata McCarthy kepada wartawan di Capitol Hill. 

McCarthy mengatakan dia berharap untuk menyelesaikan penyusunan RUU pada hari Minggu, kemudian berbicara dengan Biden dan memberikan suara pada kesepakatan pada hari Rabu.

Biden dan McCarthy harus berhati-hati dalam menemukan kompromi yang dapat membersihkan DPR, dengan mayoritas Republik 222-213, dan Senat, dengan mayoritas Demokrat 51-49 yang berarti perlu dukungan bipartisan sebelum presiden dapat menandatangani.

Negosiator telah setuju untuk membatasi pengeluaran kebijakan non-pertahanan pada level 2023 selama satu tahun dan meningkatkannya sebesar 1% pada tahun 2025, kata sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut.

"Ini memiliki sejarah pengurangan pengeluaran, reformasi konsekuensial yang akan mengangkat orang keluar dari kemiskinan menjadi tenaga kerja, mengendalikan jangkauan pemerintah, tidak ada pajak baru, tidak ada program pemerintah baru," kata McCarthy.

Baca Juga: Kemungkinan The Fed Pangkas Suku Bunga Acuan di 2023 Makin Pupus

Kesepakatan itu akan mencegah default destabilisasi ekonomi, selama itu berhasil melewatinya melalui Kongres yang terbagi secara sempit sebelum Departemen Keuangan kehabisan uang untuk menutupi semua kewajibannya, yang diperingatkan pada hari Jumat akan terjadi jika masalah plafon utang tidak diselesaikan pada tanggal 5 Juni.

Partai Republik yang mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat telah mendorong pemotongan tajam untuk pengeluaran dan persyaratan lainnya, dan sangat kritis terhadap kesepakatan itu ketika rincian awal dilaporkan.

Perwakilan Republik Bob Good, seorang anggota dari House Freedom Caucus yang konservatif, men-tweet bahwa dia mendengar kesepakatan itu akan menaikkan utang sebesar US$ 4 triliun, dan menambahkan, "JIKA itu benar, saya tidak perlu mendengar hal lain. Tidak ada yang mengklaim menjadi seorang konservatif bisa membenarkan suara YA." terangnya.

Sementara, Anggota DPR Dan Bishop dari Carolina Utara menggambarkan kesepakatan itu Sabtu pagi sebagai penyerahan total sedang berlangsung. Di sisi yang memegang kartu

Salah satu anggota berpangkat tinggi dari Kaukus Kebebasan DPR mengatakan mereka sedang dalam proses mengukur sentimen anggota, dan tidak yakin berapa jumlah suara yang mungkin.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×