kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,82   2,18   0.24%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat kerja di Google sebelum merintis startup (2)


Kamis, 30 Agustus 2018 / 09:05 WIB
Sempat kerja di Google sebelum merintis startup (2)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Karier Colin Huang berawal sebagai pegawai Google. Setelah lulus kuliah di bidang ilmu komputer, Huang memilih menjadi pegawai sebagai software engineer. Setelah cukup menimba pengalaman dari perusahaan multinasional, Huang mencoba peruntungan menjalankan bisnis membangun startup. Ouko.com menjadi startup pertama yang ia jalankan. Huang juga sempat membantu sejumlah perusahaan sebagai konsultan teknis sebelum mendirikan Pinduoduo.

Tak selamanya seorang pegawai akan terus berkarier sebagai pegawai. Colin Huang yang kini sukses membangun e-commerce Pinduoduo juga melewati masa tersebut. Sebelum memutuskan terjun mendirikan usaha sendiri, Colin sebelumnya merupakan seorang software engineers di Google.

Huang bisa dibilang mempunyai latar belakang teknologi yang cukup kuat. Hal ini dibuktikan dengan latar belakang pendidikan sarjana ilmu komputer di Zhejiang University. Tak puas sampai disitu, Huang kembali melanjutkan pendidikan ilmu komputer di University of Wisconsin, Madison dengan hasil cukup bagus.

Setelah lulus Huang mendapat tawaran bergabung dengan Microsoft. Namun tawaran dari Microsoft ini langsung dimentahkan Huang. Alasannya karena Huang sudah mempunyai visi bagaimana kehidupannya jika nanti 10 tahun bekerja di Microsoft.

Hal ini ditulis Huang di blog pribadinya mengutip Forbes. Menolak tawaran Microsoft, Huang ternyata memilih Google sebagai pilihan karier. Awalnya Huang memulai karier sebagai pegawai di perusahaan mesin pencari paling top di dunia ini sebagai software engineer.

Padahal pada tahun 2004, kapitalisasi pasar Microsoft masih lebih tinggi dibanding Google. Hal ini karena pada saat itu, Google belum mencatatkan saham di bursa Amerika Serikat. Sempat ditempatkan Google di Tiongkok untuk kepentingan ekspansi bisnis pada tahun 2006, membuat pria yang saat ini berusia 38 tahun ini memutuskan keluar dari Google dan memulai perusahaan startup sendiri pada tahun 2007.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×