CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sentil lagi The Fed, Trump minta bunga dipangkas menjadi nol atau negatif


Kamis, 12 September 2019 / 07:17 WIB

Sentil lagi The Fed, Trump minta bunga dipangkas menjadi nol atau negatif
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump meminta The Fed mendorong suku bunga turun ke teritori negatif.


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali meminta The Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga. Tak kepalang tanggung, kali ini Trump meminta The Fed untuk mendorong suku bunga turun ke teritori negatif.

Suku bunga negatif sejatinya sebuah langkah yang dengan enggan digunakan bank sentral di dunia untuk memerangi pertumbuhan ekonomi yang lemah karena berisiko menghukum para penabung dan bank.

Trump, dalam cuitan Twitter, mengatakan, tingkat bunga negatif akan menghemat uang pemerintah terutama utang pemerintah, termasuk akun jaminan sosial yang telah mencapai rekor US$ 22 triliun.

Baca Juga: Donald Trump minta bunga The Fed jadi negatif, ini plus minusnya

Reuters melaporkan, Trump tidak membahas risiko atau ketegangan pasar keuangan yang dihadapi bank sentral di Eropa dan Jepang sebagai akibat dari kebijakan suku bunga negatif mereka, atau masalah yang lebih besar bahwa suku bunga negatif tidak menjamin pertumbuhan ekonomi lebih tinggi atau inflasi menjadi lebih tinggi.

“Federal Reserve harus menurunkan suku bunga kami menjadi NOL, atau kurang, dan kami kemudian harus mulai membiayai kembali hutang kami. BIAYA BUNGA BISA DIPEROLEH CARA BAWAH, sementara pada saat yang sama secara substansial memperpanjang jangka waktu," demikian tweeted Trump. “Kami memiliki mata uang yang hebat, kekuatan, dan neraca ... AS harus selalu membayar ... tingkat terendah. Tidak Ada Inflasi!"

"Ini naif (Ketua Fed) Jay Powell dan Federal Reserve tidak memungkinkan kita untuk melakukan apa yang sudah dilakukan negara lain," tambah Trump.

Baca Juga: Di luar dugaan, harga produsen AS naik pada Agustus lalu

Komentar Trump itu datang satu minggu sebelum bank sentral utama dunia, termasuk The Fed menggelar pertemuan yang diperkirakan akan menurunkan suku bunga atau melonggarkan kebijakan moneter sebagai langkah untuk melindungi ekonomi global terhadap risiko yang meningkat gara-gara perang perdagangan Trump dengan China.

Tetapi penurunan bunga 25 basis poin yang kemungkinan dilakukan The Fed tidak akan memuaskan Trump. Trump telah meminta Powell dan The Fed untuk secara cepat dan dramatis menurunkan suku bunga sebagai cara untuk mendorong pelambatan pertumbuhan ekonomi AS menjelang pemilihan presiden tahun depan.


Reporter: Khomarul Hidayat
Editor: Komarul Hidayat
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0007 || diagnostic_web = 0.1836

Close [X]
×