September 2022 Ada Fenomena Langit Apa Saja? Penampakan Jupiter hingga Harvest Moon

Kamis, 01 September 2022 | 14:57 WIB   Penulis: Arif Budianto
September 2022 Ada Fenomena Langit Apa Saja? Penampakan Jupiter hingga Harvest Moon

ILUSTRASI. September 2022 Ada Fenomena Langit Apa Saja? Penampakan Jupiter hingga Harvest Moon.

KONTAN.CO.ID - Bulan September 2022 bakal ada fenomena langit apa saja, ya? Ada penampakan planet Jupiter yang bisa dilihat dengan mata telanjang hingga Harvest Moon, apa itu?

Bulan Agustus 2022 lalu, Anda dapat menyaksikan beberapa fenomena langit, seperti penampakan Bulan Purnama Super hingga pertunjukan hujan meteor Perseid. Nah, kira-kira fenomena apa yang selanjutnya bakal terjadi pada bulan September 2022?

Dikutip dari Sciencetimes (1/9/2022), pengamat langit bakal mendapatkan kesempatan terbaik untuk melihat Jupiter dengan jelas, mempelajari tentang okultasi, dan kesempatan mengamati transisi Matahari di belahan Bumi utara ke selatan selama ekuinoks musim gugur.

Ketiga fenomena langit ini menjadi sorotan utama bagi pengamat pada bulan September tahun ini. Selengkapnya, berikut fenomena langit yang terjadi di bulan September 2022:

Baca Juga: Planet Jupiter dan Bumi akan Berdekatan pada September, Disebut Fenomena Apa?

Potret planet Jupiter terbaru

1. Jupiter nampak lebih jelas

Pada akhir September 2022, Bumi berada tepat di antara Jupiter dan Matahari. Karena posisinya yang segaris ini, Jupiter tampak lebih besar dan lebih terang dilihat dari Bumi.

Catat kalender Anda, penampakan Jupiter yang dapat dilihat dengan mata telanjang ini dapat dilihat pada 26 September 2022.

Menurut Earth Sky, Jupiter terbit di arah timur saat Matahari terbenam dan terlihat sepanjang malam pada saat opsisinya.

Penampakan planet ini juga bakal berlangsung selama sisa tahun 2022 dan terus bergerak ke Barat dan masih dapat dilihat di langit malam hingga Maret 2023.

Baca Juga: Inilah Asteroid yang Menjadi Target Misi DART NASA Sebagai Bentuk Pertahanan Planet

2. Bulan langka dan okultasi Uranus

Para pengamat bintang akan disuguhi fenomena okultasi Bulan yang langka dari raksasa es Uranus pada malam hari tanggal 14 September 2022.

Ketika satu benda langit lewat di depan yang lain, ini akan menyembunyikan dari pandangan. Itulah yang dihaslikan dari peristiwa yang disebut okultasi.

Dalam hal ini, Uranus akan terlihat di bawah Bulan selama sekitar 50 menit selama okultasi Bulan.

Menurut Royale Museums Grenwich, lokasi Anda akan sangat memengaruhi waktu yang tepat. Jadi, pastikan memeriksa dengan aplikasi pengamatan bintang atau peta bintang online seperti Stellarium untuk mengetahui waktu yang tepat.

Peristiwa okultasi Uranus ini membutuhkan teropong atau teleskop karena sektiar 80% permukaan Bulan akan diterangi, membuat penglihatan menjadi lebih sulit.

3. Harvest Moon (Bulan Panen)

Pada malam hari tanggal 9 September dan dini hari 10 September, Anda dapat melihat Bulan Purnama yang disebut Harvest Moon.

Dikutip dari laman resmi Edukasi Sains dan Antariksa LAPAN, Harvest Moonterjadi pada 10 September 2022 yang akan memasuki fase Full Harvest Moon.

Sementara fase New Harvest Moon akan terjadi pada 26 September 2022.

Sayangnya, penampakan Harvest Moon mungkin tidak seterang supermoon atau full moon yang terjadi sepanjang musim panas lalu.

Nah, kira-kira itulah tiga fenomena langit atau astronomi yang terjadi pada September 2022. Mana fenomena langit yang Anda tunggu penampakannya?

Editor: Arif Budianto

Terbaru