kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45760,32   20,32   2.75%
  • EMAS1.009.000 0,70%
  • RD.SAHAM -1.08%
  • RD.CAMPURAN -0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Serang balik, China sebut AS adalah ancaman terbesar bagi perdamaian dunia


Senin, 14 September 2020 / 09:01 WIB
Serang balik, China sebut AS adalah ancaman terbesar bagi perdamaian dunia
ILUSTRASI. Xi Jinping dan Tentara Pembebasan Rakyat China

Sumber: Japan Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China merespons dengan keras laporan pertahanan Pentagon awal bulan lalu yang mengupas postur pertahanan China. Kini Pihak Beijing menyebut AS adalah ancaman terbesar bagi perdamaian dunia.

Kementerian Pertahanan China pada hari Minggu (13/9) mengecam laporan tahunan Pentagon tentang detail militer China. Dalam laporan itu, Pentagon menyebut China memiliki implikasi serius bagi kepentingan nasional AS dan keamanan tatanan internasional.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China Kolonel Wu Qian menyebut laporan tersebut sebagai sebuah distorsi yang fatal dari tujuan utama China, Tentara Pembebasan Rakyat, dan 1,4 miliar rakyat China.

"Bukti selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa AS yang menjadi pusat kerusuhan regional, pelanggar tatanan internasional dan perusak perdamaian dunia," ungkap Qian kepada AP, dikutip dari Japan Times.

Baca Juga: Jadi andalan AS, USS Gerald R. Ford merupakan kapal induk terbesar di dunia

Bagi Qian, tindakan AS di Irak, Suriah, hingga Libya selam dua dekade terakhir sudah cukup menunjukkan bagaimana peran AS. Belum lagi, semua tindakannya telah mengakibatkan 800.000 kematian dan jutaan orang lainnya mengungsi.

Qian menyayangkan tindakan AS, melalui Pentagon, yang tidak merefleksikan dirinya sendiri terkait perannya pada perdamaian dunia dan justru menuduh China sebagai sebuah ancaman.

"Lihatlah pertahanan kami secara objektif dan rasional, berhenti membuat pernyataan palsu, segera ambil tindakan nyata untuk menjaga perkembangan yang sehat dari hubungan bilateral di bidang militer," kritik Qian pada AS.

Qian meyakinkan bahwa China memiliki tujuan strateis yang sedang diupayakan, yang jika tercapai, akan memiliki implikasi serius bagi kepentingan nasional AS dan keamanan internasional.

Isi laporan tahunan Pentagon

Baca Juga: AS sebut militer China lebih unggul dan mengancam, Beijing: Itu fitnah



TERBARU

[X]
×