kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap-siap China Marah, AS Pertimbangkan Produksi Senjata Bersama dengan Taiwan


Jumat, 21 Oktober 2022 / 05:15 WIB
Siap-siap China Marah, AS Pertimbangkan Produksi Senjata Bersama dengan Taiwan
ILUSTRASI. AS sedang mempertimbangkan rencana untuk bersama-sama memproduksi senjata dengan Taiwan. REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pemerintah AS sedang mempertimbangkan rencana untuk bersama-sama memproduksi senjata dengan Taiwan. Ini merupakan sebuah prakarsa yang dimaksudkan untuk mempercepat pengiriman senjata guna meningkatkan pencegahan Taipei terhadap China. Hal ini diduga akan semakin membuat China marah. 

Mengutip Reuters, Presiden AS Joe Biden telah menyetujui lebih dari US$ 20 miliar dalam penjualan senjata ke Taiwan sejak 2017. Langkah tersebut diambil karena China telah meningkatkan tekanan militer di Taiwan.

Namun, Taiwan dan Kongres AS telah memperingatkan penundaan pengiriman karena kesulitan rantai pasokan dan simpanan yang disebabkan oleh meningkatnya permintaan untuk beberapa sistem karena perang di Ukraina.

“Itu tepat di awal proses,” jelas Rupert Hammond-Chambers, presiden Dewan Bisnis AS-Taiwan.

Hammond-Chambers mengatakan belum ditentukan senjata mana yang akan dianggap sebagai bagian dari upaya tersebut, meskipun kemungkinan akan fokus pada penyediaan lebih banyak amunisi dan teknologi rudal yang sudah lama ada kepada Taiwan.

Baca Juga: Ramalan Nouriel Roubini: Perang Dunia 3 Dimulai di Ukraina, Selanjutnya AS-China

Tetapi, dia memperingatkan bahwa setiap langkah seperti itu akan membutuhkan produsen senjata untuk mendapatkan lisensi produksi bersama dari Departemen Luar Negeri dan Pertahanan. Hammond-Chambers menambahkan mungkin ada penolakan di dalam pemerintah AS untuk mengeluarkan lisensi produksi bersama karena kegelisahan tentang menyetujui teknologi penting untuk platform asing.

"Ini adalah bagian dari teka-teki, bukan pengubah permainan," kata Hammond-Chambers kepada Reuters setelah surat kabar Nikkei Jepang pertama kali melaporkan rencana tersebut, mengutip tiga sumber yang tidak disebutkan namanya.

Nikkei juga memberitakan, kemungkinan kerjasama itu akan mencakup Amerika Serikat yang menyediakan teknologi untuk memproduksi senjata di Taiwan, atau memproduksi senjata di Amerika Serikat dengan menggunakan suku cadang Taiwan.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Protes Anti Xi Jinping Telah Menyebar ke Sejumlah Kota di China




TERBARU

[X]
×