kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Siapa Houthi yang Dibombardir Serangan Udara oleh AS dan Inggris?


Jumat, 12 Januari 2024 / 15:49 WIB
Siapa Houthi yang Dibombardir Serangan Udara oleh AS dan Inggris?
ILUSTRASI. Amerika Serikat (AS) dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap sasaran pemberontak Houthi di Yaman, Kamis (11/1).


Sumber: Bloomberg | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - YAMAN. Amerika Serikat (AS) dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap sasaran pemberontak Houthi di Yaman, Kamis (11/1). Serangan udara ini sebagai tanggapan atas serangan kelompok tersebut terhadap kapal-kapal di Laut Merah selama hampir dua bulan.

Perang antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas telah melibatkan pemberontak Houthi, yang telah menguasai wilayah barat laut Yaman selama hampir satu dekade.

Seperti Hamas, Houthi memusuhi Israel dan didukung oleh Iran.

Mengutip Bloomberg, para pemberontak Houthi mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan Israel, meskipun kapal-kapal yang tidak memiliki hubungan langsung telah terkena dampaknya. Pemimpin Houthi telah mengancam akan memberikan tanggapan “besar” terhadap AS dan sekutunya atas tindakan militer apa pun.

Siapa Houthi?

Houthi adalah kelompok pemberontak yang menguasai ibu kota Yaman, Sana’a, pada tahun 2014, melancarkan perang saudara yang berlanjut hingga saat ini. Sebagai bagian dari klan yang berasal dari provinsi Saada di barat laut Yaman, kaum Houthi adalah pengikut Islam Syiah cabang Zaidi, yang diperkirakan berjumlah 25% dari populasi negara tersebut.

Setelah Yaman Utara dan Yaman Selatan bersatu pada tahun 1990, Houthi melancarkan serangkaian pemberontakan sebelum berhasil merebut ibu kota pada tahun 2014.

Kelompok Houthi anti-Barat dan anti-Israel. Para analis mengatakan, Houthi mendapatkan pelatihan, keahlian teknis dan senjata yang semakin canggih – termasuk drone dan rudal balistik dan jelajah – dari Iran dan sekutunya di Lebanon, Hizbullah, sebuah kelompok militan Syiah.

AS pada tahun 2021 mencabut penetapan Houthi sebagai kelompok teroris karena khawatir label tersebut akan merugikan akses warga Yaman terhadap kebutuhan pokok seperti makanan dan bahan bakar. Pemerintahan Biden pada pertengahan November mengatakan pihaknya sedang meninjau perubahan tersebut.

Baca Juga: Iran Peringatkan Serangan AS-Inggris Terhadap Houthi Picu Ketidakstabilan Kawasan

Apa yang memicu perang sipil di Yaman?

Pada tahun 2011, pemberontakan Arab Spring memaksa penguasa negara tersebut, Ali Abdullah Saleh, untuk mundur setelah tiga dekade berkuasa. Berdasarkan perjanjian transisi yang didukung AS, Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi menggantikannya, dan perundingan menyiapkan landasan bagi konvensi konstitusi dan pemilu baru.

Namun Houthi menolak rencana federasi yang muncul dari diskusi tersebut.

Pada tahun 2014, pemerintah menurunkan subsidi bahan bakar, memicu protes, dan kelompok Houthi menggulingkan pemerintahan Hadi, yang pasukannya tetap menguasai bagian timur negara tersebut.

Pada tahun 2015, Arab Saudi melakukan intervensi dalam perang atas nama pemerintahan Hadi. Kekerasan ini telah menghancurkan rakyat Yaman, yang mengatakan bahwa kehidupan menjadi hampir tak tertahankan karena adanya serangan udara, keruntuhan ekonomi, dan meningkatnya kelaparan.

Apakah Houthi menyatakan perang terhadap Israel?

Kelompok Houthi telah menyatakan Israel sebagai musuh.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada bulan Oktober setelah upaya serangan rudal dan drone terhadap Israel, juru bicara militer Houthi Yahya Saree mengatakan gerakan tersebut menargetkan negara tersebut “untuk mendukung saudara-saudara kita yang tertindas di Palestina” dan mengatakan operasi tersebut akan terus berlanjut “sampai agresi Israel berhenti”.

Israel melancarkan kampanye militer melawan Hamas di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas pembantaian warga Israel oleh Hamas pada 7 Oktober, yang didedikasikan untuk kehancuran Israel dan dianggap sebagai kelompok teroris oleh AS dan Uni Eropa.

Baca Juga: Harga Minyak Melonjak Tersulut Serangan AS dan Inggris ke Yaman

Apa yang terjadi di Laut Merah?

Kelompok Houthi telah menembakkan rudal ke kapal-kapal yang melewati Laut Merah dan mencoba menaiki dan mengambil alih beberapa kapal tersebut, namun sebagian besar tidak berhasil.

Banyak serangan yang dilancarkan dari dekat selat Bab al-Mandab yang dilalui kapal-kapal untuk memasuki Laut Merah dari Samudera Hindia.

Pada bulan November, Houthi menyita sebuah kapal yang dimiliki oleh salah satu unit Ray Shipping Group milik pengusaha Israel Rami Ungar. Kelompok Houthi menembakkan rudal balistik di Teluk Aden pada hari Kamis, yang menurut para pejabat AS adalah serangan ke-27 terhadap pelayaran komersial yang dilakukan kelompok tersebut sejak 19 November.

Apakah Houthi benar-benar menyerang Israel?

Kelompok Houthi mengklaim memiliki rudal berbahan bakar cair yang memiliki jangkauan 1.350 km hingga 1.950 km, cukup untuk berpotensi menempatkan Israel dalam jarak serangan yang sangat jauh.

Yaman dan Israel, yang dipisahkan oleh Arab Saudi, berjarak sekitar 1.580 km pada titik terdekatnya.

Militer AS mengatakan rudal jelajah dan drone yang diluncurkan ke Israel pada 19 Oktober dicegat oleh kapal perusak Amerika di Laut Merah. Serangan pada 31 Oktober melibatkan rudal balistik dan drone, menurut Houthi.

Pada 6 Desember, militer Israel mengatakan Arrow – sistem pertahanan rudal Israel – mencegat rudal Houthi di Laut Merah.

Baca Juga: Lancarkan Serangan Udara dan Laut, AS dan Inggris Bombardir Houthi di Yaman




TERBARU

[X]
×