kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal hipotesis kebocoran lab Covid-19, Trump: China harus membayarnya


Senin, 07 Juni 2021 / 05:15 WIB
Soal hipotesis kebocoran lab Covid-19, Trump: China harus membayarnya
ILUSTRASI. Donald Trump meyakini China memikul tanggung jawab atas kerusakan dan kehancuran di dunia melalui Covid-19. REUTERS/Octavio Jones


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Selama konvensi negara bagian GOP Carolina Utara tahun 2021, mantan Presiden Donald Trump mengutuk China sebagai biang keladi yang melepaskan virus corona mematikan ke dunia, merusak populasi dan ekonomi.

Melansir National Review, Trump meyakini China memikul tanggung jawab atas kerusakan dan kehancuran di dunia melalui Covid-19. “Kita perlu menyatakan dengan satu suara bahwa China harus membayar,” kata Trump.

Mantan presiden itu juga mengecam Dr. Fauci atas panduan kesehatannya yang kontradiktif selama setahun terakhir dengan mengatakan bahwa ia keliru dalam banyak prediksi dan protokol yang direkomendasikan.

"Dia salah dalam hampir setiap masalah, dan dia juga salah soal kasus Wuhan dan lab," kata Trump. 

Baca Juga: Pakar: Beijing menginginkan perang dengan Washington!

Trump bersikeras bahwa Fauci hanya mundur pada ketidaksetujuannya terhadap larangan perjalanan Covid-19 yang diterapkan di bawah pemerintahan Trump setelah dia menyadari menutup perbatasan adalah keputusan yang tepat yang "menyelamatkan ribuan nyawa." 

Trump mengkritik kegagalan Fauci dalam rekomendasi masker, di mana ia memulai kebijakan anti-masker tetapi kemudian menjadi penggiat masker yang radikal.

National Review memberitakan, Trump membuat banyak pernyataan yang mengacu pada teori kebocoran laboratorium yang tiba-tiba mendapatkan penerimaan dan popularitas arus utama. Sebelumnya, teori ini dibantah di mana para ahli kesehatan masyarakat dan komunitas ilmiah pada umumnya menganggap hal ini sebagai teori konspirasi. 

Baca Juga: Jika teori kebocoran laboratorium Wuhan terbukti, Xi Jinping bisa digulingkan

Hipotesis kecelakaan laboratorium mendapatkan daya tarik lagi setelah serangkaian penemuan yang jitu. Perkembangan tersebut termasuk bukti bahwa Amerika Serikat mendanai penelitian gain-of-function di China. Selain itu, ada pula laporan Wall Street Journal bahwa tiga ilmuwan di Institut Virologi Wuhan dirawat di rumah sakit pada November 2019 dengan gejala yang terkait dengan Covid-19.

Trump merujuk pada para pembangkang dan penanya yang suaranya ditekan dan dibungkam untuk mempertahankan konsensus status quo di CDC dan lembaga lain tentang sumber alami Covid-19. Sambil menegaskan keyakinannya yang teguh pada penjelasan kebocoran laboratorium, Trump menegaskan kembali bahwa rezim Tiongkok sebagian besar menyebabkan kerusakan miliaran dolar dan jutaan nyawa hilang.

“Fauci tidak pernah lebih salah lagi ketika dia menyangkal dari mana virus itu berasal,” tutup Trump.

Selanjutnya: WHO titahkan riset ulang soal kapan virus Covid-19 muncul di Italia




TERBARU

[X]
×