kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi Diskon Berhasil, Tesla Catat Rekor Pengiriman dan Produksi di Kuartal I 2023


Senin, 03 April 2023 / 06:41 WIB
Strategi Diskon Berhasil, Tesla Catat Rekor Pengiriman dan Produksi di Kuartal I 2023
ILUSTRASI. Tesla, melaporkan angka pengiriman dan produksi di kuartal pertama yang melampaui estimasi. REUTERS/Tingshu Wang


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TEXAS. Perusahaan pembuat mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, melaporkan angka pengiriman dan produksi di kuartal pertama 2023 yang melampaui estimasi. Keberhasilan ini mengindikasikan bahwa pemotongan harga mobil telah meningkatkan permintaan di pasar.

Seperti dilansir Yahoo Finance Senin (3/4), pada kuartal I 2023 ini, Tesla mengirimkan 422.875 kendaraan secara global. Jumlah ini menjadi rekor sepanjang masa bagi perusahaan pembuat mobil listrik tersebut.

Angka tersebut hampir tidak melampaui estimasi yang beredar, seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg, yaitu sedikit di atas 421.000 pengiriman. 

Selain itu, pada kuartal ini Tesla juga memproduksi 440.808 mobil, melampaui perkiraan sebesar 432.5000 kendaraan.

Baca Juga: Aturan Kendaraan Listrik di AS Diperketat, Insentif Bakal Berkurang

Kendati Tesla tidak merinci penjualan berdasarkan wilayah, penjualan global Model 3 dan SUV Model Y melonjak, menyusul pemotongan harga untuk kedua kendaraan tersebut baik di Amerika Serikat maupun di luar negeri.

Untuk diketahui, pada awal Januari, Tesla memangkas harga di China terlebih dahulu untuk Model 3 buatan China turun 13,5%, dan Model Y turun 10%. Tesla memangkas harga di AS, dengan Model 3 RWD turun 6,4%, dan Model Y jarak jauh turun hampir 20%.

Penjualan di AS mendapat dorongan yang lebih besar ketika Internal Revenue Service (IRS) pada awal Januari mengizinkan semua versi Model Y berada di bawah batas harga manufacturer suggested retail price (MSRP) atau harga eceran sebesar US$ 80.000 untuk mendapatkan kredit pajak. 

Sejak saat itu, dilaporkan bahwa waktu tunggu produksi untuk Model Y meningkat pesat setelah keputusan IRS tersebut.

Baca Juga: Elon Musk Kirim Pesan ke Warren Buffett, Apa Bunyinya?

Bos Tesla Elon Musk berharap Tesla akan mengirimkan 1,8 juta kendaraan di tahun ini. Jika tidak ada hambatan produksi, 2 juta pengiriman akan dapat dicapai. Perusahaan juga mengindikasikan bahwa Cybertruck yang sangat dinanti-nantikan akan memasuki masa produksi pada paruh kedua tahun 2023.

Tesla mengumumkan dalam laporannya bahwa mereka akan melaporkan hasil keuangan kuartal pertama setelah penutupan pasar pada hari Rabu, 19 April 2023.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×