kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,60   5,25   0.57%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suami Ratu Elizabeth II pensiun dari kehidupan publik


Kamis, 04 Mei 2017 / 17:30 WIB
Suami Ratu Elizabeth II pensiun dari kehidupan publik


Sumber: CNN | Editor: Mesti Sinaga

LONDON. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, yang berusia 95 tahun, akan undur dari kehidupan publik. Demikian diumumkan oleh Istana Buckingham.

Pangeran Philip alias Duke of Edinburgh, yang telah mendampingi Ratu sepanjang masa pemerintahannya yang kini mencapai 65 tahun, akan berhenti menerima undangan acara publik mulai September mendatang.

Sang Ratu, yang tahun ini berusia 91 tahun, juga secara bertahap mengurangi penampilan publiknya dalam beberapa tahun terakhir. Namun Ratu masih terus melaksanakan tugasnya, didukung anggota keluarga kerajaan lainnya.

“Yang Mulia Duke of Edinburgh telah memutuskan dia tidak akan lagi melakukan kegiatan publik sejak musim gugur tahun ini. Dalam mengambil keputusan ini, Duke memiliki dukungan penuh dari The Queen," demikian pernyataan Istana Buckingham.

"Pangeran Philip masih akan menghadiri acara yang telah dijadwalkan sebelumnya hingga Agustus mendatang, baik hadir secara individual maupun menyertai The Queen," imbuh pernyataan tersebut.

"Setelah itu, Duke tidak akan menerima undangan baru untuk kunjungan dan undangan lain, meskipun ia masih dapat memilih untuk menghadiri acara publik tertentu dari waktu ke waktu."

(Baca juga: HUT ke-90, Ratu Inggris tak sekaya yang dikira orang

Ratu Elizabeth II, yang merupakan pemimpin monarki terlama yang maish hidup saat ini, akan "terus melaksanakan acara resmi" didukung oleh anggota keluarga kerajaan lainnya.

Ratu dan Pangeran Philip dijadwalkan merayakan 70 tahun pernikahan mereka di bulan November mendatang. Pangeran Philip sendiri akan genap berusia 96 tahun pada bulan depan.

Sebetulnya sudah lebih dari lima tahun lalu Istana Buckingham mengumumkan bahwa Philip secara bertahap akan mengurangi beban kerjanya, meskipun ia tetap ingin melakukan banyak tugas.

(Baca juga: Dicari, pengelola sosmed keluarga kerajaan Inggris)

Pada tahun 2016, ia menghadiri 200 acara saat ia terus mewakili keluarga kerajaan dengan gayanya yang khas. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, dalam rangka ulang tahunnya yang ke-90 pada 2011, Philip mengatakan, sudah waktunya dia mengambil langkah mundur dari tanggung jawabnya.

"Kurasa aku sudah melakukan sedikit, aku ingin menikmati diriku sekarang ... mengurangi tanggung jawab … tak perlu lagi terlalu memikirkan apa yang akan dikatakan," katanya.

 


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×