kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei: Mayoritas warga AS dukung aksi demonstrasi, tak setuju dengan respons Trump


Jumat, 05 Juni 2020 / 06:03 WIB
Survei: Mayoritas warga AS dukung aksi demonstrasi, tak setuju dengan respons Trump
ILUSTRASI. Unjuk rasa kasus Minneapolis. REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis pada hari Selasa (2/6/2020), mayoritas warga Amerika bersimpati dengan aksi protes nasional atas kematian seorang pria kulit hitam tak bersenjata dalam tahanan polisi. Mereka juga tidak menyetujui tanggapan Presiden AS Donald Trump terhadap kerusuhan itu.

Melansir Reuters, aksi demonstrasi, beberapa di antaranya telah berubah menjadi kekerasan, dimulai pada minggu lalu setelah seorang perwira polisi Minneapolis direkam lewat video tengah berlutut di leher George Floyd selama hampir sembilan menit. Hal itu tetap dilakukan bahkan setelah Floyd tampak kehilangan kesadaran. Petugas tersebut telah didakwa dengan pembunuhan.

Survei yang dilakukan pada hari Senin dan Selasa menemukan, sekitar 64% warga dewasa Amerika "bersimpati kepada orang-orang yang berunjuk rasa saat ini," sementara 27% mengatakan mereka tidak bersimpatu, dan 9% tidak yakin.

Baca Juga: Di tengah aksi protes di Amerika, tiga polisi terluka akibat diserang

Jajak pendapat menggarisbawahi risiko politik bagi Trump, yang telah mengadopsi pendekatan garis keras terhadap aksi protes dan mengancam akan mengerahkan militer AS untuk memadamkan perbedaan pendapat yang penuh kekerasan. Presiden Republik ini akan menghadapi calon dari Partai Demokrat Joe Biden dalam pemilihan November mendatang.

Hasil survei lainnya juga menunjukkan, lebih dari 55% warga Amerika mengatakan mereka tidak menyetujui penanganan Trump terhadap aksi protes, termasuk 40% yang "sangat" tidak setuju, sementara hanya sepertiga mengatakan mereka menyetujui.

Baca Juga: Trump kecele, Menhan AS ogah kerahkan pasukan atasi protes Minneapolis

Sebuah jajak pendapat Reuters/Ipsos terpisah menemukan bahwa Biden memimpin atas Trump di antara pemilih terdaftar sebesar 10 persentase poin. Ini merupakan margin terbesar sejak mantan wakil presiden tersebut menjadi calon presiden dari partainya pada awal April.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×