kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Survei Terbaru Reuters/Ipsos, Biden Menyamai Posisi dengan Trump


Rabu, 03 Juli 2024 / 18:14 WIB
Survei Terbaru Reuters/Ipsos, Biden Menyamai Posisi dengan Trump
Warga Amerika yang tinggal di Meksiko berkumpul untuk menyaksikan debat pertama antara Presiden AS Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump, di restoran Pinche Gringo BBQ, di Mexico City, Meksiko 27 Juni 2024. REUTERS/Quetzalli Nicte-Ha


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berhasil menyamai posisi penantangnya dari Partai Republik, Donald Trump, dalam persaingan untuk memenangkan pemilihan pada bulan November mendatang. 

Hal ini menunjukkan bahwa kontestasi tetap ketat meskipun Biden mendapat kritik luas atas penampilannya dalam debat baru-baru ini, menurut survei terbaru Reuters/Ipsos.

Biden dan Trump masing-masing memperoleh dukungan sebesar 40% di antara pemilih terdaftar dalam survei dua hari yang berakhir pada hari Selasa. Survei Reuters/Ipsos sebelumnya yang dilakukan pada 11-12 Juni menunjukkan Trump unggul tipis dengan selisih 2 poin persentase, yaitu 41% berbanding 39%.

Kedua kandidat berhadapan dalam debat yang disiarkan di televisi pada Kamis lalu, di mana Biden sering kali gagap dan gagal menanggapi serangan Trump. 

Baca Juga: Ini Alasan Joe Biden Hampir Tertidur di Panggung Saat Debat

Survei terbaru Reuters/Ipsos juga menunjukkan bahwa, setelah debat, sekitar satu dari tiga anggota Partai Demokrat berpikir bahwa Biden harus keluar dari perlombaan, meskipun Biden berjanji untuk tidak melakukannya.

Survei ini mengumpulkan tanggapan secara daring dari 1.070 orang dewasa di seluruh Amerika Serikat, dengan margin kesalahan sebesar 3,5 poin persentase untuk pemilih terdaftar, banyak di antara mereka yang masih ragu dengan sekitar empat bulan tersisa sebelum pemilihan pada 5 November. 

Satu dari lima pemilih terdaftar mengatakan bahwa mereka belum yakin akan memilih siapa, atau mereka akan memilih kandidat lain, atau tidak akan memilih sama sekali.

Baca Juga: Mahkamah Agung AS: Donald Trump Memiliki Kekebalan Hukum Terbatas

Survei terbaru ini tidak mencakup pertanyaan tentang dukungan terhadap kandidat independen Robert Kennedy Jr. Survei pada bulan Juni menemukan bahwa 10% pemilih terdaftar akan mendukungnya jika ia muncul di surat suara.

Meskipun survei nasional memberikan sinyal penting tentang dukungan masyarakat Amerika terhadap kandidat politik, hanya beberapa negara bagian yang kompetitif yang biasanya menentukan hasil dalam Electoral College AS, yang pada akhirnya memutuskan siapa yang memenangkan pemilihan presiden.

Kedua kandidat membawa beban signifikan. Untuk Biden, ini termasuk kekhawatiran tentang usianya yang mencapai 81 tahun, yang semakin diperbesar oleh penampilannya dalam debat.

Survei terbaru Reuters/Ipsos menemukan bahwa 83% anggota Partai Demokrat dan 97% anggota Partai Republik setuju dengan pernyataan bahwa dalam debat, "Biden tersandung dan tampak menunjukkan usianya." 

Baca Juga: Biden Peringatkan Putusan MA Tentang Kekebalan Presiden Sebagai Preseden Berbahaya

Hanya 58% anggota Partai Demokrat dan 11% anggota Partai Republik yang memiliki penilaian yang sama terhadap penampilan debat Trump.

Trump, 78 tahun, pada bulan Mei menjadi presiden AS pertama yang dihukum atas kejahatan, baik saat menjabat atau setelah meninggalkan Gedung Putih. 

Dia dijadwalkan untuk dijatuhi hukuman pada bulan September dan menghadapi kemungkinan hukuman penjara setelah juri menemukan dia bersalah atas 34 tuduhan yang berasal dari pembayaran uang tutup mulut kepada seorang aktris film dewasa sebelum pemilihan presiden 2016.




TERBARU

[X]
×