kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,39   -1,11   -0.13%
  • EMAS947.000 1,07%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taiwan berharap Trump cepat sembuh agar bisa terus melawan China


Senin, 05 Oktober 2020 / 13:23 WIB
Taiwan berharap Trump cepat sembuh agar bisa terus melawan China
ILUSTRASI. Taiwan berharap, Donald Trump segera sembuh dari virus corona sehingga dia dapat terus memimpin melawan China. REUTERS/Carlos Barria


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Pemerintah Taiwan berharap, Presiden AS Donald Trump segera sembuh dari virus corona sehingga dia dapat terus memimpin dunia dalam melawan "kemarahan" China. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Parlemen Taiwan pada Senin (5/10/2020).

Melansir Reuters, Taiwan beberapa waktu belakangan mendapat tekanan militer yang semakin parah dari China, yang mengklaim pulau itu sebagai wilayah kedaulatannya. Angkatan udara China sering mengirim serangan mendadak ke Taiwan dalam beberapa pekan terakhir.

Berbicara menjelang perayaan Hari Nasional Taiwan pada hari Sabtu, Ketua parlemen You Si-kun mengatakan dia terkejut mendengar penyakit Trump, dan bahwa dia berharap dia baik-baik saja dan segera sembuh.

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mendoakan dia cepat sembuh, jadi dia bisa terus memimpin dunia agar bebas dalam melawan kemarahan komunis China,” kata You, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga: Donald Trump diperbolehkan pulang dari RS pada hari ini

Sejak Trump menjabat, hubungan Tiongkok-AS telah anjlok ke titik terendah dalam beberapa dekade, dengan beragam argumen mengenai perdagangan, Hong Kong, Taiwan, dan berbagai masalah lainnya.

Pemerintahan Trump telah menjadikan perlawanan terhadap China sebagai platform kebijakan utama, dan sangat vokal dalam mengkritik catatan hak asasi manusia China, baik di wilayah China paling barat Xinjiang atau Hong Kong yang dikuasai China.

Baca Juga: Donald Trump positif Covid-19, ini reaksi Xi Jinping

Meski Amerika Serikat seperti kebanyakan negara tidak secara resmi mengakui pemerintah Taiwan, namun negara tersebut adalah pemasok utama senjata dan pendukung internasional terkuat.

Baik Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Presiden China Xi Jinping telah memberikan harapan terbaik mereka kepada Trump dan istrinya Melania.

 

Selanjutnya: Aksi Donald Trump sapa pendukung di RS mendapat kecaman dokter

 




TERBARU

[X]
×