kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Taylor Swift Dukung Kamala Harris jadi Presiden AS


Rabu, 11 September 2024 / 11:10 WIB
Taylor Swift Dukung Kamala Harris jadi Presiden AS
ILUSTRASI. Taylor Swift mengatakan dia akan memberikan suara untuk Wakil Presiden AS Kamala Harris dan pasangannya. AAP Image/Joel Carrett


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bintang pop Taylor Swift mengatakan dia akan memberikan suara untuk Wakil Presiden AS Kamala Harris dan pasangannya, Gubernur Tim Walz, pada pemilu 5 November 2024 mendatang. 

"Saya akan memberikan suara saya untuk Kamala Harris dan Tim Walz dalam pemilihan presiden 2024," kata Swift dalam sebuah unggahan di Instagram pada 11 September yang dalam waktu kurang dari satu jam telah menarik hampir 3 juta like.

Mengutip The Straits Times, Swift, salah satu ikon budaya pop paling terkenal di Amerika dengan pengikut yang sangat banyak di seluruh dunia, mendukung calon Partai Demokrat beberapa menit setelah Harris dan Trump turun dari panggung debat di Philadelphia.

"Seperti banyak dari Anda, saya menonton debat malam ini," katanya. "Jika Anda belum menontonnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan riset tentang isu-isu yang sedang dihadapi dan sikap para kandidat ini terhadap topik-topik yang paling penting bagi Anda."

Swift mengatakan bahwa dia mendukung Harris karena dia memperjuangkan hak dan tujuan yang menurutnya membutuhkan seorang pejuang untuk memperjuangkannya.

"Saya pikir dia adalah pemimpin yang tangguh dan berbakat dan saya percaya kita dapat mencapai lebih banyak hal di negara ini jika kita dipimpin oleh ketenangan dan bukan kekacauan," kata Swift.

Baca Juga: Demokrat Ganti Pemain, Debat Capres AS Kamala Harris dan Donald Trump Panas

Swift mengatakan bahwa dia juga terpengaruh oleh pemilihan Walz sebagai calon wakil presiden oleh Harris. Swift mengutip pendapat gubernur tersebut tentang hak LGBTQ+ dan hak perempuan.

Dia menandatangani unggahannya dengan judul "Childless Cat Lady", sebagai sindiran terhadap calon wakil presiden Trump, Senator J.D. Vance, yang telah dikritik karena mengkritik perempuan tanpa anak. 

Foto yang menyertai unggahannya menunjukkan dia sedang menggendong boneka Ragdoll peliharaannya, Benjamin Button.

Karoline Leavitt, juru bicara kampanye Trump, menolak dukungan Swift sebagai bukti lebih lanjut bahwa partai Demokrat telah menjadi partai elit kaya.

Swift mengatakan bahwa dia memutuskan untuk secara resmi mendukung Harris dan Walz setelah gambar dirinya yang dibuat dengan AI muncul dan mengklaim bahwa dia mendukung Trump.

“Itu benar-benar membangkitkan ketakutan saya terhadap AI, dan bahaya penyebaran informasi yang salah,” katanya.

Dia menambahkan: “Hal itu membawa saya pada kesimpulan bahwa saya harus sangat transparan tentang rencana saya yang sebenarnya untuk pemilihan ini sebagai pemilih. Cara paling sederhana untuk memerangi informasi yang salah adalah dengan kebenaran.”

Baca Juga: Seru! Pertempuran Ekonomi dalam Debat Pertama Trump vs Harris

“Saya telah membuat pilihan,” kata Swift, mengatakan bahwa dia memutuskannya setelah melakukan penelitiannya sendiri.

“Penelitian Anda sepenuhnya adalah milik Anda, dan pilihan ada di tangan Anda,” katanya kepada lebih dari 280 juta pengikutnya di Instagram.

Dia juga mendesak para pemilih pemula untuk memastikan mereka mendaftar sehingga suara mereka dapat dihitung.

Partai Demokrat telah lama mengantisipasi dukungan tersebut. Desas-desus beredar selama Konvensi Nasional Demokrat pada bulan Agustus bahwa Swift kemudian akan tampil secara mengejutkan.

Swift telah menganut sikap yang lebih politis selama beberapa tahun terakhir dan menjadi lebih vokal dalam isu-isu seperti akses aborsi.

Swift mendukung Joe Biden sebagai presiden di akhir pemilihan 2020, tetapi gagal memengaruhi pemilih secara berarti pada tahun 2018, ketika ia mendukung Phil Bredesen, seorang Demokrat dan mantan gubernur Tennessee, yang bersaing dengan Marsha Blackburn dalam pemilihan Senat yang dimenangkan oleh Blackburn.

Namun, popularitasnya tidak dapat diabaikan, dan popularitasnya menembus segala macam perbedaan pendapat di Amerika. Sebuah jajak pendapat NBC News pada tahun 2023 melaporkan bahwa Swift dinilai positif atau netral oleh hampir 80 persen pemilih terdaftar.

Selanjutnya: Scoot Tebar Promo Tiket Bulan September, Tertarik?

Menarik Dibaca: Scoot Tebar Promo Tiket Bulan September, Tertarik?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×