kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tegang! 2 kapal perusak AS ke Laut Hitam saat 10 kapal perang Rusia latihan militer


Sabtu, 10 April 2021 / 13:00 WIB
Tegang! 2 kapal perusak AS ke Laut Hitam saat 10 kapal perang Rusia latihan militer


Sumber: TASS,CNN | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Turki telah memberi tahu negara-negara anggota Konvensi Montreux bahwa kapal perang AS akan transit dari Mediterania ke Laut Hitam, Kedutaan Besar Rusia di Ankara mengatakan pada Jumat (9 April).

"Sesuai dengan Konvensi, Turki telah mengirimkan pemberitahuan kepada para pesertanya bahwa kapal perang AS akan melakukan transit dari Mediterania ke Laut Hitam dan kembali lagi," kata Kedutaan Besar Rusia kepada TASS.

Konvensi Montreux 1936 juga berlaku untuk Rusia sebagai negara yang berpartisipasi memulihkan kedaulatan Turki atas Selat Bosporus dan Dardanelles, yang diadopsi dari konferensi yang diadakan di Montreux, Swiss pada 1936.

Sumber TASS di Kementerian Luar Negeri Turki menyebutkan pada Jumat (9 April), dua kapal perang AS akan memasuki Laut Hitam melalui Selat Bosporus pada 14 dan 15 April serta berada di perairan itu hingga 4-5 Mei.

Baca Juga: Laut Hitam siap membara, AS bakal kirim kapal perang sebagai dukungan untuk Ukraina

NTV, stasiun TV Turki, melaporkan pada Jumat, kapal perusak berpeluru kendali kelas The Arleigh Burke USS Roosevelt dan USS Donald Cook akan melewati Selat Bosporus ke Laut Hitam minggu depan.

Kirim pesan ke Rusia

Rencana pengiriman kapal perang tersebut di tengah peningkatan kehadiran militer Rusia di perbatasan Timur Ukraina, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN, Kamis (8 April).

Angkatan Laut AS secara rutin beroperasi di Laut Hitam, tetapi penempatan kapal perang sekarang akan mengirim pesan khusus ke Moskow bahwa AS mengawasi dengan cermat, menurut pejabat itu.

Pejabat pertahanan AS itu juga mengatakan, Angkatan Laut Amerika Serikat terus menerbangkan pesawat pengintai di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam.

Baca Juga: Rusia mengerahkan kapal perang ke Laut Hitam, ada apa?




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×