kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teleskop Hubble Melihat Earendel, Bintang Terjauh yang Pernah Tercatat


Jumat, 01 April 2022 / 09:08 WIB
Teleskop Hubble Melihat Earendel, Bintang Terjauh yang Pernah Tercatat
ILUSTRASI. Pemandangan gugusan Bima Sakti atau Milky Way. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA, para ilmuwan telah menemukan bintang individu paling jauh yang pernah tercatat, raksasa terang yang mereka juluki Earendel. Bahasa Inggris Kuno untuk "bintang pagi" karena ia ada selama fajar alam semesta.

Para peneliti mengatakan bintang itu, sangat panas dan berwarna biru, diperkirakan 50 hingga 100 kali massa matahari kita, sementara jutaan kali lebih terang. Cahayanya menempuh perjalanan selama 12,9 miliar tahun sebelum mencapai Bumi, yang berarti bahwa bintang itu ada ketika alam semesta baru berusia 7 persen dari usianya saat ini.

Earendel lahir kira-kira 900 juta tahun setelah peristiwa Big Bang di awal alam semesta. Itu termasuk di antara generasi bintang paling awal pada saat alam semesta sangat berbeda dari sekarang.

Baca Juga: Inilah Penjelasan Singkat Peredaan Asteroid dan Meteor, Bisa Dipahami Dengan Mudah

"Ini benar-benar membuka jendela baru ke masa-masa awal alam semesta," kata astronom Brian Welch dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore, penulis utama penelitian yang diterbitkan minggu ini di jurnal Nature.

"Kami melihat bintang pada periode waktu yang sering disebut sebagai Cosmic Dawn, ketika cahaya pertama di alam semesta mulai menyala dengan bintang-bintang pertama ini dan ketika galaksi pertama mulai terbentuk," tambah Welch.

Menjelaskan julukannya, Welch mengatakan para peneliti memperkirakan bahwa "bintang pagi" yang ada selama periode Cosmic Dawn adalah "paralel yang baik."

"Ini juga untuk kutu buku 'Lord of the Rings' di luar sana," tambahnya, mencatat bahwa Earendel adalah kata Inggris Kuno yang sama dengan penulis J.R.R. Tolkien digunakan untuk inspirasi karakter dari karyanya "The Silmarillion" yang menjadi bintang.

Dalam mengamati objek sejauh Earendel, para ilmuwan mengintip ke masa lalu yang dalam karena jarak yang sangat jauh yang ditempuh cahaya dari bintang untuk mencapai Bumi, dalam artian tertentu, menggunakan Hubble sebagai mesin waktu.

Baca Juga: James Webb, Teleskop Luar Angkasa NASA Dengan Misi Meneropong Alam Semesta Terbentuk

"Jadi biasanya ketika kita melihat objek yang sangat jauh, apa yang kita lihat adalah cahaya dari seluruh galaksi, jadi jutaan bintang semuanya menyatu dan kita bisa melihat mereka ke jarak yang lebih jauh. Tapi dalam hal ini kasus, berkat sekelompok galaksi yang sangat masif di latar depan, cahaya dari satu bintang ini baru saja diperbesar dengan sangat, sangat tinggi, jadi kami dapat melihat bintang tunggal ini pada jarak yang jauh lebih jauh," kata Welch.

Gambar Earendel Hubble pertama diperoleh pada 2016, dengan pengamatan tindak lanjut 2019. Para peneliti berharap untuk mempelajarinya lebih lanjut menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb generasi berikutnya, yang akan mulai beroperasi dalam beberapa bulan setelah diluncurkan pada bulan Desember.

Welch mengatakan para peneliti terkejut dengan penemuan itu, dengan mengatakan, "Ya, pasti ada periode bertanya-tanya apakah ini mungkin nyata."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×