kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Ternyata, ini yang bikin Kim Jong Un ledakkan kantor penghubung dua Korea


Kamis, 02 Juli 2020 / 06:08 WIB
Ternyata, ini yang bikin Kim Jong Un ledakkan kantor penghubung dua Korea
ILUSTRASI. A view of an explosion of a joint liaison office with South Korea in border town Kaesong, North Korea in this picture supplied by North Korea's Korean Central News Agency (KCNA) on June 16, 2020. KCNA via REUTERS

Berita Terkait

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Hubungan dua negara Korea memanas belakangan ini. Bahkan, Korea Utara melakukan langkah ekstrem dengan meledakkan kantor penghubung dua negara di Kaesong. Selain itu melalui adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mereka sempat mengancam akan mengerahkan militer, walaupun ancaman itu dibatalkan.

Ternyata, salah satu penyebab hampir pecahnya perang Korea tersebut karena Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, marah besa. Kim Jong Un murka karena sang istri, Ri Sol Ju, dihina oleh para pembelot di kawasan Korea Selatan ( Korsel).


Baca juga: Mobil Ayla di Jakarta diskon hingga Rp 15 juta, jangan dilewatkan!

Selama ini aktivitas pembelot Korea Utara di Korsel yang mengirim propaganda negatif, baik melalui balon maupun melewati sungai di perbatasan. Duta Besar Rusia untuk Korut, Alexander Matsegora, dalam wawancaranya kepada TASS mengungkapkan apa yang menyebabkan Kim begitu marah. Dilansir Daily Mail Rabu (1/7/2020), Matsegora menuturkan terdapat selebaran mengenai istri Kim, Ri Sol Ju, yang dibuat secara tidak pantas.

Matsegora menuturkan, selebaran yang diluncurkan pada 31 Mei itu menunjukkan gambar Ri secara provokatif, menimbulkan "kemarahan besar" di Korut. "Selebaran itu berisi propaganda kotor dan menghina, yang ditujukan khusus kepada pasangan dari Pemimpin Tertinggi," jelas Dubes Rusia tersebut.

Dia memaparkan bahwa foto itu diedit "begitu merendahkan Ri Sol Ju", dan membuat negara yang menganut ideologi Juche itu habis kesabaran.

Klaim Matsegora terjadi tujuh tahun sejak Ri disebut bermain untuk sebuah film porno, dan kemudian didistribusikan oleh aktivis pembelot pada 2013.

(Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Marah Sang Istri "Digambar Tak Pantas" oleh Pembelot di Korsel",



TERBARU

[X]
×