kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tertekan Sanksi AS, Armada Bayangan Rusia Kehabisan Tempat untuk Bersembunyi


Rabu, 07 Februari 2024 / 04:55 WIB
Tertekan Sanksi AS, Armada Bayangan Rusia Kehabisan Tempat untuk Bersembunyi
ILUSTRASI. PT Pertamina International Shipping menandatangani kerja sama pembangunan 15 kapal tanker Medium Range (MR) dengan Hyundai Mipo Dockyard.


Sumber: Newsweek | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemilik kapal tanker di negara-negara Barat merasa takut dengan sanksi AS yang menargetkan penjualan minyak Rusia, sehingga memberikan tekanan pada “armada bayangan” Moskow yang mengangkut ekspor energi utama negara tersebut sejak dimulainya invasi besar-besaran ke Ukraina.

Langkah-langkah untuk menghentikan salah satu penghasil pendapatan ekspor utama Rusia yang mendanai perang yang dimulai  Presiden Rusia Vladimir Putin mencakup penerapan pembatasan harga oleh G7, Uni Eropa, dan Australia; perjanjian ini melarang perusahaan mengasuransikan, membiayai, dan mengirimkan ekspor minyak Rusia melalui laut yang dijual di atas US$ 60 per barel.

Namun, Rusia memperdagangkan minyak menggunakan armada bayangan yang kepemilikan kapalnya direorganisasi, seringkali melalui perusahaan cangkang di Timur Tengah, untuk mengaburkan hubungan mereka dengan Moskow.

Jumlah kapal bayangan yang meninggalkan Rusia meningkat dari 13% pada Februari 2022 menjadi 42% pada pertengahan tahun 2023.

Baca Juga: Armada Bayangan Rusia Untuk Jual Minyak Kehabisan Tempat untuk Bersembunyi

Bloomberg melaporkan bahwa, pada bulan Januari, terjadi peningkatan lima kali lipat jumlah kapal yang berlayar di bawah bendera Gabon menjadi 100—naik dari hanya 20 pada bulan Februari 2023, mengutip data dari Windward AI.

Perusahaan intelijen prediktif mencatat bendera seperti Liberia, St. Kitts, dan Nevis telah menjadi sasaran utama regulator.

Bloomberg mengatakan pemilik kapal Yunani telah meninggalkan perdagangan minyak mentah Rusia karena tindakan keras Washington.

Kapal tanker milik Yunani yang mengangkut minyak mentah Rusia telah berkurang dari 40 pada bulan Mei 2023 dan 20 pada paruh kedua tahun lalu, menjadi hanya delapan pada bulan Januari 2024, setelah Departemen Keuangan AS meminta mereka untuk menjelaskan bagaimana mereka mematuhi batasan harga tersebut.

Pada bulan November, Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi terhadap tiga perusahaan maritim di Uni Emirat Arab (UEA) dan tiga kapal milik perusahaan tersebut untuk mengirimkan minyak Rusia yang dijual di atas batas tersebut. 

Baca Juga: 3 Kapal Tanker Ini Kena Sanksi AS Gara-Gara Kirim Minyak Rusia ke India

Pemberitahuan dikirimkan ke perusahaan-perusahaan di banyak negara dan ditindaklanjuti dengan sanksi yang dikenakan terhadap perusahaan-perusahaan yang terus memperdagangkan minyak Rusia, kata Bloomberg.

Sementara itu, pada bulan November, surat kabar Inggris Financial Times melaporkan bahwa UE mungkin menugaskan Denmark untuk memeriksa kapal tanker yang membawa ekspor dari Baltik timur dan melewati selat Denmark.

Setelah kehilangan pembeli dari Eropa, Moskow telah meningkatkan perdagangannya dengan Tiongkok, India, dan, dalam skala yang lebih kecil, Turki. 

Rusia telah menawarkan diskon kepada mereka, namun masalah pembayaran telah menyebabkan kapal tanker yang membawa 10 juta barel minyak mentah Sokol Rusia terdampar di lepas pantai Korea Selatan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×