kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terus unjuk gigi, China gelar 4 latihan militer di 3 wilayah laut utama


Senin, 24 Agustus 2020 / 23:55 WIB
Terus unjuk gigi, China gelar 4 latihan militer di 3 wilayah laut utama


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar empat latihan militer di tiga wilayah laut utama Tiongkok  dalam beberapa hari ke depan

Mengutip Global Times, menurut pemberitahuan pembatasan navigasi yang Badan Keselamatan Maritim Guangzhou rilis pada Minggu (23/8), PLA akan mengadakan latihan militer di Laut China Selatan. Persisnya, di lepas pantai Tenggara Provinsi Guangdong, dari Senin (24/8) hingga Sabtu (29/8).

Juga di Laut China Selatan, latihan militer akan berlangsung di perairan lepas pantai Tenggara Pulau Hainan, mulai Senin sampai Sabtu, Badan Keselamatan Maritim Hainan mengumumkan pada Jumat (21/8) pekan lalu.

Di Laut Kuning bagian Utara Taiwan dan Laut China Timur, PLA mengadakan latihan skala besar, dari Sabtu (22/8) hingga Rabu (226/8) di wilayah yang luas.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping: China akan lebih membuka ekonominya

Latihan militer berlangsung di perairan Timur Qingdao, Provinsi Shandong, sampai Lianyungang, Provinsi Jiangsu, mengacu pemberitahuan PLA Unit 91208 dan Badan Keselamatan Maritim Qingdao pada Jumat (21/8).

Selain itu, latihan militer juga PLA gelar di Laut Bohai di daerah berbentuk kipas, mulai 24 Agustus hingga 30 September, Administrasi Keselamatan Maritim Tangshan mengumumkan pada Jumat (21/8).

Hanya, pengumuman tersebut tidak memberikan perincian lebih lanjut mengenai latihan militer PLA.

Empat latihan militer simultan di tiga wilayah laut utama China berarti, Taiwan akan dikelilingi oleh latihan PLA dari Utara hingga Selatan, menurut pengamat militer.

Baca Juga: Ambisi China melebarkan kekuatan militernya hingga Singapura, Vietnam dan Indonesia

Song Zhongping, pakar militer China, mengatakan kepada Global Times, latihan berpotensi menampilkan latihan anti-kapal, pertahanan udara, dan anti-kapal selam.

Sebagai peringatan ke AS 




TERBARU

[X]
×