Thailand catat angka kematian tertinggi akibat virus corona

Senin, 03 Mei 2021 | 05:58 WIB Sumber: Reuters
Thailand catat angka kematian tertinggi akibat virus corona

ILUSTRASI. Kementerian Kesehatan Thailand pada Minggu (2/5/2021) melaporkan 1.940 kasus virus corona baru. REUTERS/Soe Zeya Tun


KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Kementerian Kesehatan Thailand pada Minggu (2/5/2021) melaporkan 1.940 kasus virus corona baru. Sementara, angka kematian mencapai 21 kasus untuk hari kedua. Ini merupakan jumlah kematian harian tertinggi sejak pandemi dimulai.

Reuters memberitakan, Thailand sebagian besar mengendalikan virus pada awal pandemi melalui penutupan dan kontrol perbatasan yang ketat. Tetapi gelombang ketiga mematikan yang dimulai pada awal April termasuk varian B.1.1.7 yang sangat mudah ditularkan dan telah menyumbang sekitar setengah dari total kasus dan kematiannya.

Angka hari Minggu kemarin membuat total infeksi yang dikonfirmasi di negara itu sejak pandemi dimulai tahun lalu menjadi 68.984. Adapun total kematian saat ini mencapai 245 kasus.

Sejauh ini, Thailand telah memvaksinasi hampir 1,5 juta orang, kebanyakan pekerja medis dan orang-orang yang rentan, menggunakan dosis impor vaksin Sinovac China dan AstraZeneca.

Program vaksinasi massal akan dimulai pada bulan Juni dengan dosis AstraZeneca yang diproduksi secara lokal. Pendaftaran vaksin dibuka untuk umum pada akhir pekan ini dengan target vaksinasi 70% orang dewasa di negara berpenduduk lebih dari 66 juta orang itu.

 

Selanjutnya: Rekor harian tertinggi baru, Thailand catat 1.335 kasus baru virus corona

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru