kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Thailand dan Vietnam susah panen, ekspor beras India diproyeksi melejit 42%


Rabu, 07 Oktober 2020 / 14:14 WIB
Thailand dan Vietnam susah panen, ekspor beras India diproyeksi melejit 42%
ILUSTRASI. Ekspor beras India


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - MUMBAI. Ekspor beras India pada 2020 melesat setelah berkurangnya ekspor dari negara saingan serta depresiasi rupee. Kementerian Industri India memperkirakan, ekspor beras di tahun ini bisa melonjak 42% dari 9,9 juta ton di tahun 2019 silam menjadi 14 juta ton.

India yang merupakan pengekspor beras terbesar di dunia, terus mengerek pengiriman dengan membatasi harga global, mengurangi persediaan yang membengkak di negara tersebut dan membatasi pembelian stok negara bagian India dari para petani.

Hal tersebut berhasil kembali mengerek ekspor beras India setelah di 2019 silam cetak rekor terendah dalam delapan tahun. "Pengiriman Thailand jatuh karena kekeringan. Vietnam sedang berjuang karena panen yang lebih rendah. Bagian itu secara alami datang ke India," kata B.V. Krishna Rao, Ketua Asosiasi Eksportir Beras India.

Baca Juga: Turun harga, tarif menginap hotel di Mekkah mulai Rp 150.000

Thailand, yang merupakan pengekspor beras terbesar kedua di dunia, mengalami kemarau panjang awal tahun ini yang mempengaruhi panen beras. Ekspor beras pada tahun 2020 diproyeksi turun menjadi 6,5 juta ton, terendah dalam 20 tahun.

Vietnam, eksportir global terbesar ketiga, telah bersaing dengan tingkat air yang rendah di Delta Sungai Mekong, wilayah penghasil beras utama negara itu, yang memiliki pasokan terbatas.

India terutama mengekspor beras non-basmati ke Bangladesh, Nepal, Benin dan Senegal, dan beras basmati premium ke Iran, Arab Saudi, dan Irak.

Pengiriman beras India pada 2020 akan meningkat karena permintaan yang tinggi untuk beras non-basmati dari negara-negara Afrika, kata Nitin Gupta, wakil presiden bisnis beras Olam India.

"Permintaan beras Basmati kurang lebih stabil, tetapi di non-basmati kami telah melihat lonjakan permintaan yang besar karena harga yang menarik," kata Gupta.

Ekspor beras non-basmati India mungkin dua kali lipat dari tahun lalu menjadi 9,5 juta ton, sementara ekspor beras basmati akan tetap stabil sekitar 4,5 juta ton, katanya.

India menawarkan 5% beras rusak setengah matang dengan harga $ 380 per ton secara gratis, sementara Thailand menawarkan tingkat yang sama dengan harga $ 490 per ton, kata para dealer.

Eksportir India telah menawarkan beras dengan harga lebih rendah pada saat harga global melonjak karena pasokan terbatas karena depresiasi rupee, kata Rao.

Rupee telah turun 3% terhadap dolar AS sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Duh, seorang pelaut Indonesia kabur dari fasilitas karantina di Korea Selatan

Selain penjualan Asia Tenggara yang lebih rendah, China juga telah memotong ekspor ke Afrika setelah banjir melanda tanaman lokal, kata seorang dealer yang berbasis di Mumbai dengan perusahaan perdagangan global.

"Tidak seperti negara lain, India memiliki surplus besar-besaran. Ekspor tidak akan membuat kekurangan di pasar lokal," kata dealer itu.

Juga, ekspor yang lebih tinggi akan mengurangi persediaan India dan membatasi pembelian pemerintah dari petani dengan harga dukungan minimum, kata Rao dari Asosiasi Eksportir Beras.

Selanjutnya: Ramalan WTO: Perdagangan dunia turun 9,2% di 2020




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×