kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Fed berjanji tetap membeli obligasi AS, hingga ada kemajuan ekonomi signifikan


Kamis, 17 Desember 2020 / 06:06 WIB
The Fed berjanji tetap membeli obligasi AS, hingga ada kemajuan ekonomi signifikan
ILUSTRASI. Gubernur The Fed Jerome Powell. REUTERS/Yuri Gripas/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Federal Reserve berjanji untuk terus menggelontorkan likuiditas ke pasar keuangan sampai pemulihan ekonomi Amerika Serikat dirasa aman. 

Mengutip Reuters, Kamis (17/12), setelah pertemuan kebijakan yang memperhitungkan risiko jangka pendek terhadap ekonomi dan harapan vaksin virus corona, Gubernur The Fed Jerome Powell mengakui rangkaian instrumen bank sentral AS tidak sesuai untuk kebutuhan paling mendesak yang dihadapi oleh rumah tangga dan bisnis saat ini.

"Bagian dari ekonomi yang lemah adalah bisnis sektor jasa yang melibatkan kontak dekat," seperti restoran dan industri perjalanan, kata Powell dalam konferensi pers setelah pertemuan kebijakan selama dua hari.

"Itu tidak tertahan oleh kondisi keuangan, melainkan oleh penyebaran virus" yang sekarang meningkat di seluruh negeri, katanya.

Powell menambahkan, rumah tangga atau masyarakat yang menganggur atau bisnis yang kesulitan lebih membutuhkan uang tunai segera, sesuatu yang tengah dibahas oleh anggota parlemen terkemuka di Kongres dalam pembicaraan anggara bantuan pandemi senilai US$ 900 miliar.

Baca Juga: Nasdaq cetak rekor tertinggi, di tengah penantian investor tentang stimulus AS

Untuk The Fed, cakrawala yang lebih relevan adalah pertengahan tahun depan, ketika Powell mengatakan bank sentral berharap negara tersebut dapat mendekati kekebalan yang meluas dari virus corona, dan melihat lonjakan aktivitas ekonomi.

"Masalahnya adalah empat, lima, enam bulan ke depan," kata Powell kepada wartawan. 

"Anda harus berpikir pada pertengahan tahun depan Anda akan melihat orang-orang merasa nyaman pergi keluar terlibat dalam berbagai kegiatan yang lebih luas."

Komentarnya tampaknya mengurangi anggapan beberapa analis pasar - bahwa Fed pada suatu saat akan meningkatkan kecepatan atau jenis obligasi pemerintah yang dibeli saat ini pada tingkat US$ 120 miliar per bulan.

Namun peluncuran vaksin di Amerika Serikat telah menambah harapan bahwa ekonomi dapat terus menarik diri dari resesi yang dimulai pada bulan Maret dan yang telah menimbulkan pembicaraan tentang Depresi Besar kedua.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×