kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Tiga tips menjaga pikiran dan tubuh sesuai nasihat Warren Buffett


Kamis, 16 April 2020 / 12:29 WIB
Tiga tips menjaga pikiran dan tubuh sesuai nasihat Warren Buffett
Ketua Berkshire Hathaway Warren Buffett berjalan melalui ruang pameran ketika pemegang saham berkumpul untuk mendengar dari investor miliarder pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway Inc di Omaha, Nebraska, AS, 4 Mei 2019.

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Investor kawakan Warren Buffett dikenal luas karena kesuksesannya berinvestasi di pasar modal. Namun nasihat-nasihat Buffett tentang kehidupan juga menjadi rujukan banyak orang, termasuk anak-anak muda dewasa ini.

Dalam biografi Warren Buffett, The Snowball: Warren Buffett dan Business of Life, Oracle of Omaha berbagi dongeng dengan sekelompok siswa dimana seorang jin menampakkan diri kepadanya pada usia 16 tahun dan menawarinya mobil pilihannya.

Dalam dongeng itu, Buffett mendapat tawaran dari jin untuk mendapatkan mobil impiannya. Namun ada syarat yakni mobil itu harus bertahan seumur hidup, karena mobil itu merupakan mobil terakhir yang dimiliki Buffet.

Baca Juga: Mereka yang Menjadi Orang Kaya Baru Berkat Pandemi Virus Corona

Untuk itu, Buffett harus menjaga dan merawat mobil itu tetap awet. Caranya adalah mulai membuat garasi yang bagus, memperbaikinya bila tergores meskipun goresan kecil dan melindunginya agar tidak berkarat.

"Saya akan merawat bayi mobil itu, karena mobil itu harus bertahan seumur hidup," tutur Buffett kepada para siswa yang mendengar dongengnya tersebut seperti dilansir Inc.com.

Kemudian dogeng ini diceritakan Buffett kepada para siswa dan pesan moral cerita itu dalam kesuksesan membangun bisnis kehidupan dan dua hal yang tidak boleh diabaikan yakni pikiran dan tubuh kita sendiri.

Menurut Buffett setiap manusia di dunia ini hanya dianugerahkan satu pikiran dan satu tubuh. Dan itu harus bertahan seumur hidup. Pikiran dan tubuh ini ibarat mobil yang akan kita kemudikan seumur hidup kita.

Baca Juga: Menyerah pada corona, Warren Buffet lepas saham maskapai penerbangan

Bila pikiran dan tubuh itu tidak dijaga dan rawat, maka mereka akan mudah rusak dan tidak akan bertahan lama. Nah seperti merawat mobil yang satu-satunya kita miliki seumur hidup kita, Buffett meminta para siswa juga untuk merawat pikiran dan butuh mereka tetap sehat dan bugar.

"Itu yang Anda lakukan sekarang, hari ini, yang menentukan bagaimana pikiran dan tubuh Anda akan beroperasi 10, 20, dan 30 tahun dari sekarang, " tutur Buffett.




TERBARU

[X]
×